Dok/Mengecat Dinding Dok/Mengecat Dinding

Cat Tembok: Saatnya Mempercantik Dinding Rumah

662 Kali

Jika cat rumah Anda mulai kusam atau terkena jamur yang diakibatkan oleh lembapnya musim hujan, saatnya mengecat ulang. Pengecatan bisa dilakukan pada dua jenis tembok, tembok dalam atau ruangan dan tembok luar. Terdapat perbedaan jenis cat untuk memberi perlakuan pada dua jenis bidang tembok tersebut.

Pakar Desain Interior dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ken Sunarko, mengatakan prinsip dasar untuk mengecat ulang bagian rumah adalah memeriksa sisa noda dari jamur sisa musim penghujan. Biasanya jamur itu terjadi karena air hujan yang membuat dinding menjadi lembap.

Noda dan penyebabnya harus dicari dan ditangani sebelum pengecatan ulang. Jika tidak diatasi, dikhawatirkan noda yang sama akan terjadi saat musim penghujan tiba. Setelah dibersihkan dan dibenahi sumber permasalahannya, Anda bisa melapisi dinding dengan lapisan antijamur dan antilembap.

Selain itu, jika tembok mengalami kerusakan agak parah, hendaknya plesteran pada tembok diratakan terlebih dahulu. Agar noda hitam bekas semen tidak terlalu terlihat, pemilik bisa melapisinya dengan plamir.

“Setelah kering benar, barulah diberi cat warna muda sebagai cat dasar,” terang dia.

Pengecatan di dalam ruangan harus dilakukan secara bertahap, bidang per bidang. Jangan mengecat separuh-separuh agar hasil pengecatan bisa sempurna. Pengecatan warna utama harus menunggu cat dasar benar-benar kering.

Jenis cat untuk interior bermacam-macam. Produsen cat berlomba menyediakan cat dengan kualitas yang bagus demi kepuasan pengguna. Pilihan warna cat adalah selera dari pemilik.

Product and Sales Manager Decorative Division Kansai Paint, Elizabeth T. Sutrisno, mengungkapkan saat Ramadan banyak warga yang menginginkan untuk memperbarui cat rumah mereka. Warna yang diminati di wilayah Indonesia kebanyakan bertema cerah. Menurutnya, masyarakat Indonesia lebih berani dalam menggunakan warna cat pada rumahnya.

“Meskipun menggunakan warna terang, tapi tetap ada bagian yang soft,” ungkap dia di Jogja. (Ivan Andi Muhtarom/Kusnul Isti Qomah/JIBI)

 

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS