iconhomedesign.com iconhomedesign.com

Akuarium Bikin Ruangan Makin Cantik

2719 Kali

RUMAH190.COM—Akuarium berasal dari bahasa latin aqua yang berarti “air”, dan sufiks -arium yang berarti “tempat yang terkait dengan”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akuarium didefinisikan sebagai sebuah bak kaca yang biasanya diberi tanaman air dan sebagainya untuk memelihara ikan hias.

Wadah itu didesain sedemikian rupa menyerupai lingkungan alamiah bagi binatang (vivarium).  Selain untuk memelihara ikan hias, tak jarang akuarium juga berisi invertebrataamfibimamalia laut dan reptil.

boredpanda.com

boredpanda.com

Memelihara ikan di dalam akuarium adalah hobi yang cukup populer. Pemilik bisa menikmati keindahan ikan-ikan hias atau hewan-hewan yang disimpan di sana. Akuarium juga dapat menjadi hiasan menarik yang bisa dipajang pada rumah hunian.

Pemilik Marina Aquarium Solo, Johan Budi Santoso, 39, mengatakan ada dua jenis bahan akuarium di pasaran yaitu kaca dan akrilik. Namun, mayoritas masyarakat menggunakan kaca sebagai bahan akuarium. Alasannya, harga kaca cenderung lebih murah dibanding bahan akrilik. Konsumen yang datang padanya biasanya meminta dibuatkan akuarium berbentuk kotak dengan ukuran bervariasi.

erahomedesign.com

erahomedesign.com

“Ada yang ukuran 2 meter dengan kapasitas air  800-1.000 liter. Tapi ada juga yang pesannya lebih kecil, misalnya 80 cm,” ujarnya.

Pembuat akuarium spesialis ikan air laut tersebut menjelaskan ada berbagai komponen pendukung untuk mewujudkan akuarium yang ideal bagi hidup ikan dan tumbuhan laut. Misalnya protein skimmer yang berfungsi untuk mengolah kotoran ikan dan terumbu karang agar tidak meracuni ikan itu sendiri.

boredpanda.com

boredpanda.com

Untuk menyaring kotoran yang ada, ia biasanya menggunakan filter biologis, yaitu biopori. Ada mikroorganisme yang akan membuat air yang tersaring melalui biopori menjadi tetap sehat bagi ikan.

Komponen lain yang tak kalah penting adalah piller, yaitu alat untuk mendinginkan suhu air. Piller sangat penting untuk kelangsungan hidup tumbuhan laut yang ada pada akuarium.

Akuarium juga membutuhkan pencahayaan yang cukup. Johan mengatakan meski ada beberapa jenis lampu di pasaran, tapi jenis yang paling banyak digunakan adalah light emitting diode (LED).

iconhomedesign.com

iconhomedesign.com

Mengenai harga, ia mematok harga akuarium berukuran 80 cm dengan beberapa ikan seharga Rp5 juta. Harga itu bisa makin mahal jika konsumen menginginkan tambahan tanaman laut. Konsumen bisa melihat contoh atau kios Marina Aquarium Solo di Perumahan Vila Palem C5, Mojosongo, Jebres, Solo.

“Bagi saya, tanaman laut harganya mahal,” ujar dia.

Lebih lanjut, memiliki akuarium kadang menguji kesabaran. Maksudnya, lingkungan buatan dalam akuarium akan ideal dalam waktu minimal dua pekan dan maksimal dua bulan setelah selesai disetting dan dilengkapi seluruh komponennya.

“Kadang konsumen tidak sabar menunggu. Padahal, kondisi lingkungan khususnya air bisa seperti di laut setelah dua pekan atau lebih,” papar dia. (Ivan Andimuhtarom)

 

thinkter.com

thinkter.com

Tips Merawat Akuarium

  1. Bersihkan seluruh bagian dalam akuarium sepekan sekali.
  2. Bersihkan skimmer, pasir dan semua komponen dari lumut yang menempel.
  3. Saat membersihkan, tak perlu mengeluarkan ikan yang ada dalam akuarium.
  4. Bersihkan pula biopori agar penyaringan semakin optimal. (muh)
RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS