trainingusaha.com trainingusaha.com

Aspek Kesehatan Dalam Usaha Kost

573 Kali

RUMAH190.COM Mendirikan rumah kos tidak terlepas dari motivasi ekonomi pemiliknya. Sebab rumah yang berisi kamar-kamar itu akan disewakan kepada masyarakat umum dengan nilai dan dalam jangka waktu tertentu.Semakin banyak kamar yang dibangun, maka semakin banyak pula pendapatan yang akan diperoleh. Karenanya, dalam membangun rumah kos, pemilik selalu memaksimalkan pemanfaatan lahan yang ada untuk kamar-kamar. Kerap dijumpai sebuah rumah kos-kosan yang sarat dengan kamar-kamar dengan koridor sempit, gelap dan terkesan kumuh. Tapi tak jarang terlihat rumah kos-kosan yang tampak sehat dan nyaman.

Memang sebenarnya ada prinsip-prinsip ideal dalam pembuatan rumah kos-kosan, yakni aspek kesehatan. Seorang perencana asal Solo, Sukamto mengatakan aspek kesehatan ini penting, tentunya sudah menjadi bagian dalam perencanaan. Prinsip bagaimana memenuhi syarat rumah sehat harus dilakukan. Di antaranya adalah adanya penyinaran matahari yang cukup ataupun sirkulasi udara yang memadai.

“Aspek kesehatan ini tidak boleh diabaikan. Misalnya penyediaan jendela untuk sirkulasi udara, agar udara bisa masuk ke dalam kamar-kamar penghuni. Ketersediaan sumber air dengan saluran memadai juga diperlukan, agar lingkungan tidak kumuh dan lembab,” kata dia di Solo.

Menurutnya, aspek kesehatan akan mendukung para penghuni untuk melakukan aktivitas sesuai dengan bidangnya. “Misalnya kos-kosan itu untuk mahasiswa maka mereka akan dapat melakukan aktivitas yang mendukung perkuliahan dengan nyaman.”

Di sisi lain, aspek estetika dalam membuat kos-kosan berimbas pada harga sewa yang akan diterapkan. Saat kos-kosan dibuat serba luxury, tentu pemilik akan mengeluarkan uang ekstra. Kemudian apakah calon penghuni nantinya dapat membayar sewa untuk hal tersebut. Dengan demikian, kos-kosan hendaknya dibuat dengan sentuhan estetika secukupnya. ( Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS