Meskipun terbuat dari bahan alamunium sekalipun seperti awning tetap saja bisa berkarat atau mengalami retak jika kurang cermat saat pemasangan.dok. Meskipun terbuat dari bahan alamunium sekalipun seperti awning tetap saja bisa berkarat atau mengalami retak jika kurang cermat saat pemasangan.dok.

Awas Kanopi Bisa Berkarat !

415 Kali

RUMAH190.COM–Atap tambahan pada rumah tinggal atau bangunan yang biasa disebut kanopi daya tahannya sangat tergantung pada kualitas bahan. Meskipun terbuat dari bahan alamunium sekalipun seperti awning tetap saja bisa berkarat atau mengalami retak jika kurang cermat saat pemasangan.

Kekurangcermatan dalam memasang awning tersebut bisa berakibat awning mudah terkena karat pada screw (sekrup khusus). Menurut Dosen Jurusan Desain Interior, Universitas Sahid Surakarta, R Kusbimantoro, sebenarnya, awning lebih tahan karat karena terbuat dari aluminium namun tetap bisa berkarat karena screw yang menempel pada awning biasanya terbuat dari besi. ”Tetesan air hujan pada awning atau gesekan screw lama kelamaan akan menimbulkan bekas luka atau karat dan ini bisa merusak lembaran awning, apalagi ketebalan awning sekarang jauh lebih tipis daripada awning tahun 1970-an yang ketebalannya mencapai 2 milimeter,” ujar Kusbimantoro.

Meskipun awning yang telah di top coat lebih bersifat anti gores namun tetap bisa berkarat karena sifat logam pada bahan awning. Untuk menghindari karat pada lembaran kanopi jenis awning, sambung Kusbimantoro, bisa diberi lapisan ring karet sebelum dipasang screw. ”Untuk menghindari karat, saat memasang screw tidak harus langsung menempel pada lembaran awning atau polycarbonat, tapi menempel ke ring karet dulu, sehingga terlindung dari bekas luka atau karat yang bisa timbul pada screw,” jelas Kusbimantoro sembari menjelaskan hal ini akan berpengaruh pada awet tidaknya awning karena terhindar dari karat dan patah.

Selain rentan terhadap karat, imbuh Kusbimantoro, ketebalan awning yang sangat tipis, bisa melukai tangan saat memasang maupun membersihkan. Agar lebih awet, saat memasang awning yang berbatasan dengan tepi dinding, bisa ditambahkan talang air memanjang di bawahnya. Hal ini selain untuk menghindari bocor juga mencegah merembes pada dinding. ”Biasanya pertemuan antara awning dengan tembok bisa menimbulkan bocor,” ungkapnya.

Karena kelemahan-kelemahan itu, sambungnya, orang saat ini mulai beralih ke atap tambahan dari bahan lain, seperti fiber glass atau polycarbonat. ”Kanopi lebih pas jika dipasang di tempat publik, sedangkan fiber glass atau polycarbonat lebih cocok jika dipasang di rumah tinggal,” jelas Kusbimantoro. (ema)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS