Penggunaan envi cat dasar akan mengawetkan cat utama rumah. (Dokumentasi) Penggunaan envi cat dasar akan mengawetkan cat utama rumah. (Dokumentasi)

Awetkan Cat Utama dengan Envi Cat Dasar

497 Kali

 

Keindahan sebuah bangunan tak hanya soal desain, tapi juga didukung faktor lainnya. Salah satunya adalah pemilihan cat untuk dinding bangunan. Pemilihan warna cat yang pas akan semakin mempercantik tampilan sebuah bangunan.

Karena itu tak mengherankan jika di pasaran banyak ditawarkan beragam produk cat dengan berbagai warna pilihan. Tidak hanya beragam warna, keawetan dan keunggulan produk cat tersebut juga menjadi salah satu cara menarik konsumen.

Penggunaan cat envi dasar akan mengawetkan cat utama rumah. (PT Indaco Warna Dunia)

Penggunaan envi cat dasar akan mengawetkan cat utama rumah. (PT Indaco Warna Dunia)

Namun sering kali terjadi, ketika pemilik rumah sudah memilih cat sesuai warna pilihan kemudian diaplikasikan pada dinding bangunan, tak berapa lama cat tersebut mengelupas, atau muncul pulau-pulau air. akibatnya keindahan warna cat memudar dan tidak bertahan lama.

Hal seperti  ini sebenarnya bukan disebabkan kualitas cat, namun seringkali proses permulaan sebelum pengaplikasian cat utama yang kurang tepat. Seperti dinding yang belum kering dan proses pengacian yang belum sempurna sudah langsung dicat. Tidak hanya itu, tak jarang pada awal pengecatan para pemilik rumah kerap melupakan cat dasar. Mereka lebih suka menggunakan cara lama yakni dengan menggunakan lapisan dasar berupa semen putih dicampur lem yang kemudian dilapiskan ke tembok secara merata. Padahal fungsi dari dempul tradisional itu hanya untuk menutup lubang, bukan untuk lapisan dasar sebelum dinding/tembok dicat menggunakan cat utama.

Menurut Product Divisi PT. Indaco Warna Dunia, Acuk Setiabudi, sering orang langsung menggunakan cat utama dalam proses pengecatan rumah atau sebuah bangunan. Mereka melupakan cat dasar yang sebenarnya memiliki peran penting untuk ketahanan warna cat utama dan penghematan penggunaan cat utama.

“Cat dasar itu memiliki fungsi untuk menutup retak rambut dan masuk ke pori-pori tembok, sekaligus berfungsi menghambat garam alkali yang merupakan musuh utama tembok. Karena garam alkali menyebabkan tembok mengalami pengapuran ditandai dengan munculnya pulau-pulau pada cat sehingga merusak cat utama,” kata Acuk Setiabudi didampingi Marketing Staff PT. Indaco Warna Dunia, Qolbi, kepada Rumah190, di kantornya Jl. Raya Solo-Sragen Km 13,2 Desa Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar, belum lama ini.

PT Indaco Warna Dunia memiliki produk cat dasar yakni Envi Cat Dasar yang bisa diaplikasikan untuk tembok baru maupun tembok lama. Untuk tembok baru sebaiknya tunggu hingga tembok yang sudah dilapisi semen halus benar-benar kering (sekitar 30 hari).

“Aplikasikan Envi Cat Dasar pada permukaan tembok untuk menutup retak rambut. Apabila terdapat lubang atau retak yang lebih besar, PT Indaco Warna Dunia juga memiliki produk Envi Dempul Tembok yang bisa digunakan untuk menutup lubang bekas paku atau retak yang lebih besar,” terang Acuk.

, PT Indaco Warna Dunia juga memiliki produk Envi Dempul Tembok yang bisa digunakan untuk menutup lubang bekas paku atau retak yang lebih besar. (PT Indaco Warna Dunia)

PT Indaco Warna Dunia juga memiliki produk Envi Dempul Tembok yang bisa digunakan untuk menutup lubang bekas paku atau retak yang lebih besar. (PT Indaco Warna Dunia)

Setelah lubang dan retak ditutup dengan Envi Dempul Tembok, bisa dilapisi lagi dengan Envi Cat Dasar. Setelah Envi Cat Dasar kering (sekitar 1 jam) kemudian langsung gunakan cat utama produk Envi maupun cat premiun produk PT Indaco Warna Dunia. Pada pengaplikasian Envi Cat Dasar untuk tembok lama, menurut Acuk, sebaiknya melihat terlebih dahulu kondisi cat lama. Apabila kondisinya jelek, lakukan pengelupasan hingga terlihat permukaan acian. “Untuk mengetahui bagus atau tidaknya kondisi tembok tersebut, bisa dicek menggunakan rol yang dibasahi air biasa. Kemudian aplikasikan ke tembok. Apabila muncul gelembung berarti kondisi tembok jelek. Namun jika bagus, Envi Cat Dasar bisa diterapkan,” kata dia.

Namun apabila kondisi cat lama masih bagus, bisa diamplas dan dibersihkan. Bila ada lubang bekas paku atau retak lebar, segera tutup dengan Envi Dempul Temok, baru terapkan Envi Cat Dasar. Untuk pengaplikasian Envi Dempul Tembok, menggunakan scrup kemudian diamplas hingga halus, baru gunakan cat dasar.

Envi Cat Dasar berbahan dasar air tanpa tambahan timbal dan raksa, sehingga masuk kategori ramah lingkungan dan sudah mengantongi Singapore Green Label. Envi Cat Dasar memiliki daya sebar 12 meter persegi per kilogram per lapis dan berwarna putih. “Envi Cat Dasar memiliki daya tahan 3 tahun sampai 5 tahun untuk interior dan mampu bertahan selama 3 tahun untuk eksterior. Harga Envi Cat Dasar Rp33.000 untuk 1 kg, Rp127.000 untuk 1 galon [5 kg], dan Rp615.000 untuk ukuran 25 kg,” jelas Acuk.

Sedang Envi Dempul Tembok berbahan dasar air dan bisa diaplikasikan untuk dempul kayu, harganya Rp21.000 untuk 1kg, dan Rp77.000 untuk ukuran 5kg. (Arif Fajar S.)

RELATED POST FOR CATEGORY

Uncategorized

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS