sbajema.blogspot.com sbajema.blogspot.com

Bagaimana Memilih Cat Dinding yang Tepat ?

669 Kali

RUMAH190.COM Untuk mengecat dinding rumah, seseorang harus mempertimbangkan beberapa hal. Di antaranya, soal pemilihan warna untuk bagian yang akan dicat serta masalah keuangan.Oleh sebab itu, dibutuhkan perencanaan yang matang agar dana yang dikeluarkan tidak akan sia-sia dan menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Sebelum mengolah cat dinding, terlebih dahulu ditentukan warna yang sesuai dengan selera atau suasana yang diinginkan.

Untuk memperoleh warna yang diinginkan, saat ini banyak toko-toko besi atau bahkan toko spesialis yang hanya menjual bermacam-macam cat dan kualitasnya pun beragam. Untuk mendapatkan kualitas cat yang bagus, dana yang dikeluarkan pun sebanding atau lebih banyak. Namun sekarang juga sudah banyak beragam cat berkualitas dengan harga yang bersaing.

Setelah penentuan warna selasai, tidak kalah pentingnya dipikirkan juga lokasi atau dinding yang akan dicat. Sales Manajer Toko Cat PT Warna Abadi Bintang Sejahtera, T Budi S mengatakan cat dinding dibedakan menjadi dua peruntukan, yakni untuk eksterior dan interior. Cat untuk eksterior dibuat dengan bahan full acrilic emultion untuk melindungi dinding atau cat dari sinar ultraviolet, timbulnya jamur dan resapan air pada dinding.

Sementara untuk interior yang tidak terkena cuaca ekstrem seperti di luar rumah, kandungan acrilic-nya tidak terlalu banyak. “Cat untuk eksterior, butuh kekuatan yang lebih karena cuaca di luar sangat ekstrem. Beda dengan cat interior yang cukup terjaga. Harga cat eksterior ini, biasanya lebih mahal dibandingkan dengan interior,” kata dia saat dijumpai Espos di kantor pusat di Jalan Teuku Umar, Solo.

Oleh sebab itu, dia berpesan agar masyarakat memilih cat yang sesuai dengan peruntukannya agar tidak muspra atau boros. Dia menggaris bawahi, pengecatan pada dinding harus didahului dengan cat dasar. Khusus untuk eksterior, diperlukan cat dasar alkali yang menahan air dari dalam dinding ke luar dan sebaliknya.

Kedua, kata dia, hal yang harus diperhatikan dalam pengecatan adalah waktu. Budi mengatakan musim kemarau merupakan waktu terbaik untuk melakukan pengecatan. Sebab, pada musim kering ini cat lebih cepat kering dan perekatan pada dinding juga lebih maksimal.

Pada saat cat lapisan pertama sudah kering, maka bisa segera dilanjutkan dengan pengecatan lapisan kedua. Dengan demikian, waktu pengerjaan juga lebih efisien. Sedangkan pada musim penghujan, kadang berlaku sebaliknya. Pada saat cat belum kering (pada dinding luar), kadang-kadang sudah turun hujan. Malah jika air hujan menimpa dinding dan mengenai cat maka cat akan luntur dan pekerjaan menjadi sia-sia.Saat itulah, kata Budi, tak jarang konsumen mengeluhkan catnya tidak bagus. “Padahal mereka yang tidak memperhatikan cuaca. Ketika cat kena hujan, kualitasnya jadi menurun dan mereka mengira catnya yang tidak bagus”.

Seorang warga Karanganyar, Yanto, yang sedang mengerjakan pengecatan untuk interior rumahnya menyebutkan pemilihan warna menjadi prioritas. “Warna yang kami inginkan adalah warna krem. Warna ini cukup cerah sehingga rumah juga akan terkesan ramah.” Selanjutnya adalah memilih cat yang berkualitas sesuai dengan kondisi keuangan.  (Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS