Plafon_PVC panel Plafon_PVC panel

Bahan Bangunan: Plafon PVC Tahan Air

3653 Kali

Plafon merupakan bagian penting dari interior rumah. Selain terbuat dari kayu, plafon rumah juga bisa dibuat dari bahan gypsum. Namun, penggunaan gypsum atau kayu sebagai bahan pembuatan plafon rumah cenderung membutuhkan waktu yang lama.

Ternyata ada cara yang lebih praktis untuk membuat plafon rumah. Bahan panel PVC bisa menjadi alternatif jika ingin membuat plafon dalam waktu yang singkat. Bahkan, pemasangan panel PVC untuk kamar berukuran 3 meter x3 meter bisa selesai dalam hitungan jam. “Bahan panel PVC menawarkan solusi pemasangan plafon yang lebih praktis dan cepat. Pemasangannya tidak menimbulkan debu dan tidak membutuhkan finishing berupa pengecatan. Jika pagi hari mulai dipasang, sore harinya sudah selesai,” ucap Poppy Sutanto, pemilik Sentral Papera Solo, saat ditemui Rumah190.com di tokonya, beberapa waktu lalu.

Selain menawarkan kepraktisan dan kecepatan pemasangan, panel PVC juga memiliki keunggulan tahan air. Berbeda dengan jenis kayu dan gypsum, panel PVC juga tidak bisa ditumbuhi jamur. “Biasanya setebal apapun kayu atau gypsum, pasti ada bercak-bercak hitam jika terkena rembesan air hujan. Dengan panel PVC, masalah itu bisa teratasi karena bahan utamanya adalah turunan dari plastik dengan kualitas yang baik. Panel PVC ini bisa tahan untuk pemakaian selama 20 tahun,” ungkapnya.

Selain tahan air, panel PVC juga tidak disukai serangga pemakan kayu seperti rayap. Dengan begitu, tidak perlu khawatir adanya gangguan makhluk kecil tersebut. Tidak hanya itu, desain panel PVC juga bisa diubah-ubah menyesuaikan selera. Jika pemilik rumah merasa bosan dengan interior, plafon dari panel PVC ini bisa dibongkar lalu dipindah sesuai keinginan,” tandas Purnomo, suami dari Poppy.

Terdapat banyak pilihan corak dan warna pada permukaan panel PVC. Konsumen bisa memilih corak dan warna panel PVC itu sesuai selera. Pemasangan panel PVC, menurut Poppy, relatif mudah. Selain menjual produk, Purnomo juga menyediakan jasa pemasangan PVS panel di rumah-rumah. Panel PVC dijual dengan harga 195.000/lembar. Satu lembar panel PVC berukuran 4,8 meter dengan lebar 25 cm. Sementara jasa pemasangan panel PVC seharga Rp20.000/meter persegi. Untuk mempercantik bagian tepi dari plafon biasanya digunakan list profile yang dibuat dari bahan plastik. (Moh. Khodiq Duhri/JIBI)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS