Teras berlantai tegel dengan motif tegel lama berpadu dengan kursi bergaya skandinavian dan mebel vintage berupa meja nakas (meja kecil dengan tiga loker) kayu jati. (Arif Fajar S.) Teras berlantai tegel dengan motif lama berpadu dengan kursi bergaya skandinavian dan mebel vintage berupa meja nakas (meja kecil dengan tiga loker) kayu jati. (Arif Fajar S.)

Berpadunya Elemen Vintage & Modern

440 Kali

 

Mengacu pada informasi dari pemilik rumah, akhirnya sampai juga di Perumahan Bolon Permai, Colomadu, Karanganyar. Rumah190 berhenti di depan sebuah rumah berlantai dua dengan warna cat hijau.

Padahal pemilik rumah belum sempat memberitahu warna rumah dan nomor rumah. Ternyata keyakinan itu benar, rumah dengan arsitektur modern dengan luas tanah 93 meter persegi memang milik Afrodita P. Mardiyanti. “Sebenarnya ini hasil renovasi selama lima bulan dengan penataan ruang hasil diskusi dengan suami dan konsultasi arsitek,” jelas Afrodita.

Memasuki rumah yang menghadap ke barat tersebut, Rumah190 langsung disuguhi tatanan teras rumah dan ruangan butik yang apik di sisi kanan (selatan) dan garasi di sisi utara. Teras berlantai tegel dengan motif tegel lama berpadu dengan kursi bergaya skandinavian dan mebel vintage berupa meja nakas (meja kecil dengan tiga loker) kayu jati. Tatanan tanaman di tembok teras membuat ruang transit sekaligus bisa jadi ruang tamu terlihat asri.

Memasuki ruang tamu, aroma vintage semakin kental berpadu dengan furnitur modern. Mulai dari meja setrika kayu jati peninggalan buyut dari Blora yang di-repair dengan warna cat putih menjadi tempat vas bunga hingga sofa lengkap meja kaca bersanding manis dengan meja custom untuk magicom dan dispenser yang berubah fungsi jadi meja tempat stoples kue dan tisu.

Aksesori bergaya vintage. (Arif Fajar S.)

Aksesori bergaya vintage. (Arif Fajar S.)

Aksesori kecil ditata rapi di tangga. (Arif Fajar S.)

Aksesori kecil ditata rapi di tangga. (Arif Fajar S.)

Dari ruang tamu langsung bisa melihat ornamen vintage berupa krepyak dengan cermin untuk mengesankan ruang lebih luas. Di bawahnya diletakkan meja bundar betawi berpadu dengan dua kursi ukir modern untuk rumah minimalis. Mebeler ini berdampingan dengan meja kecil, rak buku, dan tempat vas bunga.

Di pojok ruang tamu ada lemari yang didesain sendiri dengan warna putih yang difungsikan sebagai partisi ruang tamu dan ruang keluarga yang terletak di sisi utara. “Ruang keluarga berdampingan dengan ruang serba guna di sisi utara, bisa untuk kamar bisa juga untuk ruang salat,” ujar Afrodita kepada Rumah190.

Ada satu kamar lagi di lantai bawah yang terletak di sisi ruang tamu. Kamar ini semula digunakan untuk kamar utama, namun sekarang difungsikan sebagai kamar tamu. Kamar tidur ini berdampingan dengan tangga ekspose menuju lantai II.

Rumah terlihat rapi, karena ruang makan berada persis di bawah tangga. Sementara ruang dapur, ruang cuci, dan kamar mandi ditata tersembunyi di bagian belakang dengan akses masuk tanpa pintu. Tangga ekspose menuju lantai II tidak terasa kering karena ada vas bunga di penghubung anak tangga. Sisi kanan dan kiri tangga pun menjadi media penempatan sejumlah foto keluarga dan vas kecil serta sebuah lukisan kenang-kenangan.

Di lantai II ada dua kamar tidur dan ruang santai lengkap dengan sarana hiburan televisi di meja dari anyaman rotan sintetis. Udara begitu bebas mengalir di ruang tersebut karena diapit dua balkon di sisi barat dan satu balkon di timur (belakang).

Tatanan balkon sisi barat yang apik dengan meja dari batang kayu jati dan bangku pajang serta tanaman hias menjadikan balkon sisi barat sebagai tempat idola pemilik rumah saat melepas lelah atau sekadar menikmati pemandangan sekitar. Sementara balkon belakang berhadapan langsung dengan areal persawahan. “Enggak bosan kalau duduk di balkon karena pemandangannya indah,” ujar Afrodita. (Arif Fajar S.)

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Bedah Rumah

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS