Kitchen set membuat dapur lebih rapi dan fungsional (Rumah190/Arif Fajar S.) Kitchen set membuat dapur lebih rapi dan fungsional (Rumah190/Arif Fajar S.)

Bikin Dapur Lebih Rapi & Fungsional dengan Kitchen Set

65 Kali

Salah satu ruangan yang tak kalah penting dalam sebuah hunian adalah dapur. Ruangan yang menjadi tempat aktivitas masak memasak ini, seiring perkembangan zaman menjelma menjadi sebuah ruangan yang juga memiliki peran memberi keindahan sebuah hunian.
Di era modern ini, dapur tak sekadar tempat memasak. Dapur juga menjadi salah satu tempat favorit anggota keluarga untuk bersantai sambil menikmati minuman dan camilan. Peran ini didukung dengan keberadaan sejumlah elemen.
Sesuai peran tambahan yang mampu memberikan sentuhan keindahan pada sebuah hunian, kini dapur tak lagi kumuh, karena beberapa pemilik rumah memilih dapur bersih. Tentu pilihan ini tak begitu saja bisa dilaksanakan, selain memerlukan perubahan perilaku penghuni rumah, juga dibutuhkan perangkat pendukung. Salah satunya kitchen set.

Kitchen set membuat dapur lebih rapi dan fungsional (Rumah190/Arif Fajar S.)

Kitchen set membuat dapur lebih rapi dan fungsional (Rumah190/Arif Fajar S.)

Kitchen set adalah perangkat dapur yang biasanya terdiri atas lemari dinding, kabinet tinggi, dan lemari bawah yang bagian atasnya memiliki fungsi sebagai tempat kompor listrik, dan tempat mempersiapkan masakan.
“Rumah modern kecenderungannya memang dapur bersih, sehingga kitchen set-nya juga menyesuaikan. Termasuk kompor yang digunakan untuk memasak,” kata Store Manager Informa Solo Paragon Lifestyle Mall Solo, Caroline Engelsz didampingi Sales Eksekutif Informa, Doni Rahmat.
Kendati demikian, penggunaan kompor gas masih bisa diterapkan di kitchen set. Seperti yang dilakukan Shanty, warga Gedongan, Colomadu, Karanganyar. Kitchen set di dapurnya merupakan kitchen set pesanan. Ia menggunakan kompor gas modern ditambah exhaust fan, sehingga kitchen set tetap bersih.
“Sengaja custom untuk menyesuaikan bentuk dan luas ruangan. Selain itu juga menyesuaikan tema, kebetulan saya suka warna gold. Desain pun menyesuaikan. Selain ada tempat memasak juga ada tempat membersihkan [mencuci], dan tempat kulkas sehingga semua tampak rapi,” jelas Shanty.
Shanty memang harus menggunakan jasa pihak lain dan mengeluarkan dana sekitar Rp30 juta, namun dia mengaku puas dengan desain dan fungsinya. Hal senada disampaikan Ridha, warga Sukoharjo, yang memilih kitchen set customize. Karena suka yang simpel, kitchen set yang dimiliki karyawan bank ini pun didesain menyesuaikan bentuk ruangan. “Saya suka yang simpel, jadi kitchen set yang dibuat multifungsi. Selain untuk memasak, juga bisa untuk menyimpan barang, sekaligus mendukung keindahan ruangan,” ujarnya.
Sales Informa Custom, Diah, mengatakan kitchen set yang bagus memenuhi empat elemen, yaitu ada tempat penyimpanan berupa lemari dan rak, ketersediaan alat masak, mulai kompor, pisau, dan peralatan lain. Elemen lainnya memiliki tempat persiapan untuk memasak berupa meja antiair dan tempat mencuci atau elemen untuk bersih-bersih.
“Jadi konsep sebagai pendukung keindahan dan fungsi sebagai perangkat dapur bisa tercakup. Ada juga pemilik rumah yang memberikan tambahan untuk pendukung lifestyle, seperti meja yang tersambung, dan tempat menyimpan minuman tertentu,” terang Diah.

Kitchen set membuat dapur lebih rapi dan fungsional (Rumah190/Arif Fajar S.)

Kitchen set membuat dapur lebih rapi dan fungsional (Rumah190/Arif Fajar S.)

Keuntungan membeli kitchen set customize, menurut Diah, bisa menyesuaikan ruangan dan selera pemilik rumah. Pembuatan kitchen set sesuai pesanan ini memang menyedot dana lumayan banyak, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah, tergantung keinginan pemilik rumah.
“Dana untuk membuat kitchen set relatif banyak karena desainnya menyesuaikan ruangan. Selain itu, ada aksesori yang dibutuhkan seperti rak piring khusus, exhaust fan, kompor, dan perangkat lainnya,” jelas dia.
Sedangkan kitchen set biasa, harganya memang lebih murah. Menurut Caroline, mulai Rp6 juta, belum termasuk elemen pendukungnya. Dia juga menyarankan sebaiknya peralatan yang disimpan di lemari atau kabinet dalam kondisi kering karena umumnya kitchen set tidak antiair.
Kebersihan kitchen set termasuk meja untuk meracik bahan yang akan dimasak juga harus dijaga. “Kitchen set yang hendak dibeli sebaiknya harus matching dengan warna dinding ruangan, elemen yang ada di dapur, dan peralatan masak,” ujarnya. (Arif Fajar S.)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS