glastory.net glastory.net

Bikin Rumah Terang Alami dengan Kaca Laminated

1693 Kali

RUMAH190.COM—Kaca laminated adalah tipe kaca yang terbentuk dari perekatan dua lembar atau lebih kaca biasa/polos menggunakan polyvinyl butiran film (PVB). Lapisan dalam kaca tersebut merekatkan kaca sehingga kaca tetap menempel meskipun telah pecah atau mencegah pecahan kaca terbagi menjadi pecahan tajam yang besar seandainya kaca tersebut pecah.

Kaca laminated biasanya digunakan untuk mencegah kemungkinan benturan terhadap manusia atau kemungkinan kaca dapat jatuh dan hancur. Skylight kaca dan windshield otomotif biasanya menggunakan kaca laminated.

Kaca laminated sering digunakan untuk eksterior rumah, ruko, gedung sebagai curtain wall dan jendela. Lapisan polyvinil pada kaca laminated juga memberikan isolasi kedap suara tingkat tinggi dan juga 99% mencegah sinar ultraviolet (UV) masuk.

kaca laminated 2Salah satu aplikasinya digunakan oleh Iryuwanto, 39, yang tinggal Jl. Gatot Subroto No. 19, Sukoharjo. Ia menggunakan kaca laminated sebagai atap lantai II rumahnya. Ukurannya 6×2 meter, memanjang dari timur ke barat di atas tangga naik ke lantai II. Kaca itu ditopang dengan rangka besi yang dicat krem senada dengan cat tembok.

Menurutnya, penggunaan kaca laminated sebagai atap membuat areal di bawah atap itu mendapat penerangan alami dari cahaya matahari. Terlebih, pada sisi selatan dan timur bangunan juga menggunakan kaca bening. Cahaya matahari bebas masuk sehingga pemilik rumah itu tak perlu menyalakan lampu untuk menerangi sebagian besar ruangan.

Penggunaan kaca laminated juga dipadukan dengan penggunaan teralis di sisi barat bangunan lantai II rumah itu. Efeknya, selain mendapat cahaya yang maksimal, rumah juga mendapat sirkulasi udara yang lancar.

kaca laminated 3Pegawai Dinas Sosial Kabupaten Sukoharjo itu juga mengatakan kaca laminated sangat kuat. Beberapa pekerja pernah membersihkan dengan cara naik ke atas atap itu dan terbukti kaca kuat menahan beban sang pekerja. Kaca itu dipasang sedikit miring dengan tujuan memudahkan pembersihan. Selain aman dan mudah dibersihkan, kaca laminated juga dipercaya lebih tahan terhadap lumut.

“Ini agak kotor karena kemarau dan rumah ini berada tepat di pinggir jalan besar. Kaca itu dibuat miring agar kalau nanti hujan, air bisa membantu membersihkan kaca,” ujar dia saat ditemui Espos di rumahnya, Rabu (26/8).

Kontraktor rumah tersebut, Hari Purnomo, mengatakan kaca laminated awalnya memang dibuat secara pabrikasi untuk keperluan atap bangunan. Kaca jenis ini membuat ruangan jadi terang tetapi tidak memberi efek panas.

kaca laminated 1“Seumpama kaca itu jatuh, tidak langsung ambyar (pecah),” ujar dia saat berbincang dengan Espos di Solo Baru, Sukoharjo, Rabu siang.

Setengah tahun belakangan, aplikasi kaca laminated meluas. Tak hanya untuk atap, kaca yang masuk kategori berharga mahal itu juga mulai diaplikasikan untuk kaca mati dan daun jendela. Rumah-rumah minimalis yang menghindari teralis biasanya menggunakan kaca laminated.

“Harganya memang masih mahal. Satu meter persegi terpasang sekitar Rp1,5 juta,” kata dia. (Ivan Andimuhtarom)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS