drawhome.com drawhome.com

Bikin Taman di Lahan Terbatas

784 Kali

Taman di rumah memiliki banyak fungsi. Selain sebagai media penghijauan yang akan menyejukkan udara, taman tersebut akan membuat citra rumah Anda semakin menarik dan nyaman dilihat.

Apa jadinya jika Anda hanya memiliki lahan sempit atau terbatas. Apakah niat membuat taman kemudian akan sirna? Ternyata, ada solusi jitu agar Anda tetap memiliki taman indah di lahan terbatas.

Salah satu kontraktor rumah di Solo, Hari Purnomo mengatakan taman-taman di sekitar rumah dengan lahan terbatas biasanya menggunakan tipe taman vertikal. Taman jenis itu bisa berwujud taman gantung, bisa juga berwujud taman tempel atau menempel pada dinding.

hgtv.com

hgtv.com

Bagi pemilik rumah yang kurang suka dengan tipe taman vertikal, mereka bisa memilih taman horizontal dengan beberapa penyesuaian. Pertama, gunakan banyak rumput sehingga tercipta citra “luas” pada taman yang sebenarnya berukuran sempit. Kedua, buat taman dengan sistem trapping atau berundak.

“Taman trapping akan membuat taman Anda menjadi kelihatan lebar dan mewah,” kata dia.

Selain itu, tips selanjutnya adalah hindari menggunakan jalan setapak pada taman. Anda juga bisa menanam tanaman-tanaman berukuran kecil. Kalaupun ada yang besar, pastikan hanya satu dan berfungsi sebagai center dari taman tersebut.

“Jangan menaruh kolam pada taman yang menempati lahan sempit. Kolam akan memakan tempat sehingga taman jadi kelihatan kecil,” ujarnya.

hgtv,.com

hgtv,.com

Pakar desain interior dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ken Sunarko, mengatakan sebelum memutuskan memilih tanaman pada lahan yang ada, ada prasyarat mutlak yang harus dipenuhi, yaitu kesesuaian lokasi taman dengan jenis tanaman. Taman yang cenderung terpapar matahari dengan intensitas penuh sebaiknya ditanami tumbuhan yang biasa terpapar matahari. Begitu juga sebaliknya. Kalau taman berada di tempat teduh, tanaman juga disesuaikan dengan tempat tumbuh itu.

“Itu mutlak dipahami agar tanaman bisa bertahan hidup,” ujarnya, Rabu.

hgtv.com

hgtv.com

hgtv.com

hgtv.com

Untuk membuat taman di lahan terbatas, harus ada komposisi yang menarik. Komposisi bisa berupa ketinggian tanaman, bisa pula ukuran daun dari tanaman sejenis atau jenis tanaman. Pasalnya taman yang hanya diisi dengan tumbuhan homogen akan menjadikannya tidak menarik.

“Misalnya yang tinggi di belakang, yang pendek di depan. Bisa pula memainkan komposisi lebar daun. Taman itu selain menghasilkan oksigen juga untuk hiburan mata,” terang dia. (Ivan Andimuhtarom)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS