sofa

Cara Mengetahui Keaslian Kulit Sofa

730 Kali

Pelapis sofa yang terbuat dari bahan kulit ternyata ada beberapa jenis. Seperti dikutip dari http://kumpulan.info jenis pelapis bulu ini meliputi permukaan berbulu, licin, suede dan nubuk.
Pada jenis kulit yang permukaannya berbulu, kulit yang dipakai merupakan kulit paling luar dari hewan. Adanya bulu tersebut menjadi ciri khas dari jenis kulit ini. Pada jenis licin, kulit terasa licin dan merupakan jenis yang paling banyak digunakan dalam pembuatan sofa. Jenis suede menyerupai handuk dan merupakan lapisan kulit yang kedua sampai kelima. Sedangkan jenis nubuk seperti beludru dan membutuhkan proses yang rumit dan lama.

Karena harganya yang mahal, jenis kulit nubuk ini jarang digunakan untuk melapisi sofa. Sebelum Anda menjatuhkan pilihan untuk membeli bahan sofa dari kulit, teliti dahulu apakah kulit itu asli atau imitasi. Karena kulit asli merupakan satu kesatuan, maka bagian depan dan belakang kulit sama. Sedangkan pada kulit imitasi, bagian depan dan belakang tidak sama, sebab biasanya pada bagian tengah ditambah spons tipis kemudian pada bagian belakang diberi lapisan.

Selain itu, kulit imitasi biasa berbau vinil. Pemeriksaan lainnya adalah dengan menarik kulit tersebut. Bila ditarik ke atas dan bawah (vertikal) kerenggangannya sama dengan saat ditarik ke kiri atau kanan (horizontal), berarti kulit tersebut imitasi. Hal ini disebabkan karena kulit asli berasal dari kulit binatang, maka kerenggangan kiri dan kanan lebih besar daripada atas dan bawah. Kulit asli sulit terbakar, tetapi kulit imitasi bila dibakar akan mengerut. ( Akhmad Ludiyanto)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS