garasi

Carport Serba Guna, Mengapa Tidak?

1461 Kali

RUMAH190.COM–Minimnya lahan rumah, membuat banyak pemilik rumah membangun carport dibandingkan dengan garasi. Carport dinilai memiliki banyak fungsi selain sebagai tempat menaruh mobil.

Sebut saja Dessy Kusuma. Ibu dari dua anak tersebut menempati sebuah rumah tipe 36 di perumahan Palem Hijau, Colomadu, Karanganyar. Developer perumahan tersebut menyediakan sebuah carport di samping halaman rumahnya. Luasnya sekitar 3×4 meter persegi. ”Waktu saya beli rumah ini, lima tahun yang lalu, carport-nya ada di depan kamar utama, tapi hanya berupa lantai semen tak beratap. Kemudian karena saya punya mobil, otomatis saya harus membuat atap supaya terlindung dari panas matahari dan air hujan,” kata Dessy.

Dessy memilih membuat carport karena ia dan keluarga dapat melaksanakan berbagai macam aktivitas di tempat itu. Dessy juga mengatakan, dengan carport, halaman rumahnya terlihat lebih luas.

Ketika membuka pintu gerbang sepanjang 3 meter, sebuah carport dengan lantai keramik kasar membentang. Berada di bawah carport milik Dessy, hawa sejuk terasa karena ruang itu dikelilingi tembok pagar pembatas rumah setinggi satu meter. Selain itu, Dessy juga memilih atap dari genteng agar cahaya matahari tidak dapat menembus lantai.

”Dalam rumah kami hanya ada dua kamar dengan satu ruang tamu, satu dapur dan kamar mandi. Carport itu sangat berguna untuk tempat mobil. Mencuci mobil juga dilakukan di carport. Selain itu, ruang terbuka itu juga biasa dipakai sebagai ruang bermain anak saya yang masih berusia dua tahun,” terang Dessy.

Seperti Dessy, Nur Ali yang tinggal di Jl Fajar Indah 2, Perumahan Fajar Indah, Solo menggunakan carport tidak hanya sebagai tempat transit mobil. ”Meskipun ada garasi berukuran 3,5 meter x 4,5 meter, sebuah carport berdesain modern dibangun di depan garasi,” ujar Ali.

Ali menerangkan carport-nya juga kerap digunakan sebagai tempat kumpul warga selain tempat cuci mobil dan memanaskan mesin mobil. ”Biasanya, jika ada arisan atau kumpul RT carport juga dimanfaatkan. Kalau garasi dibuka, ruangan jadi terlihat lebih luas,” kisah Ali yang bekerja pada sebuah perusahaan jasa tiket pesawat.  (m47)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS