Untuk menghadirkan warna-warna yang serasi pada eksterior rumah, pemilihan cat dinding luar rumah perlu diperhitungkan secara matang./houzz.com Untuk menghadirkan warna-warna yang serasi pada eksterior rumah, pemilihan cat dinding luar rumah perlu diperhitungkan secara matang./houzz.com

Cat Dinding Yang Ideal, Seperti Apakah?

854 Kali

RUMAH190.COM–Rumah bisa menjadi sumber inspirasi dan bisa menjadi surga bagi penghuninya. Oleh karena
itu pemilik rumah pun menyiasati beragam cara agar senantiasa nyaman tinggal di rumah.  Salah satunya dengan menghadirkan dinding rumah dengan warna-warna yang sesuai dengan  keinginan pemilik rumah.

Untuk menghadirkan warna-warna yang serasi pada eksterior rumah, pemilihan cat dinding  luar rumah perlu diperhitungkan secara matang. Saat ini beraneka ragam warna, mulai dari  warna soft sampai warna yang ngejreng tersedia di toko besi. Bahkan membuat dinding rumah  serupa marmer pun bisa dilakukan hanya dengan cat, tanpa harus menghadirkan marmer sungguhan.

Menurut pakar desain perumahan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ken Sunarko, saat  ini banyak pilihan warna cat yang bisa disesuaikan dengan selera pemilik rumah. ”Bahkan  bisa ditampilkan efek khusus seperti efek marmer, efek emas atau efek khusus lain sesuai  dengan keinginan pemilik rumah dengan mencampur multi colour,” ungkap Ken.

Untuk memilih cat dinding luar rumah, sambungnya, sebaiknya menggunakan cat yang tahan  cuaca, antilumut dan antijamur. Oleh karena itu hal itu perlu dilakukan dari awal sebelum pengecatan dengan melakukan proteksi terhadap dinding dengan memberi lapisan dengan wall  filler dulu agar pori-pori dinding menjadi rata dan tidak berongga.

”Rongga itu bisa jadi sarang jamur, oleh karena itu sebelum dicat harus rata dulu.  Setelah rata diberi alkali resisting primer sealer kemudian solven based primer sealer.  Dengan lapisan itu dijamin cat akan merekat bagus dan antijamur,” lanjut Ken.

Kemudian finishing cat dinding luar mau seperti apa, apakah finishing dop, mutiara saten,  marble atau efek khusus yang lain bisa diatur sesuai dengan keinginan pemilik rumah.  ”Setelah itu finishing-nya di-coating dengan silicon water repeallent agar hasilnya lebih  mengkilap,” ungkap Ken.

Sementara itu, untuk pengecatan dinding lama sebaiknya, dinding diampelas dulu kemudian  diberi mason resealer. Selanjutnya dicat dengan cat yang diinginkan. ”Untuk hasil terbaik  sebaiknya di-coating dengan silikon untuk menahannya dari kerusakan,” ujarnya.

Waktu untuk melakukan pengecatan pun, sambung Ken, sebaiknya dihindari musim hujan,  karena tidak akan tahan lama. ”Cat lama itu harus dikelupas dulu, baru kemudian dibasahi  air dan diberi zat antihama atau antijamur baru kemudian dicat dengan cat baru.”

Kesan cantik

Cat dinding luar rumah pun bisa terkesan seperti dilapis marmer atau perak dengan  menggunakan teknik marbling atau memberi efek khusus tertentu. ”Cat yang dipakai multi  colour tergantung dari komponen warna yang akan menyusun special effect yang akan  dibentuk, bisa berupa efek seperti marmer atau seperti kerang dan perak,” ungkapnya.  Untuk menghadirkan dinding dengan efek khusus nan cantik ini, lanjut Ken, yang perlu  dipilih cat acrylic.”Teknik efek khusus itu cukup mahal karena selain bahannya terpilih, tidak semua tukang bisa mengerjakan karena itu kerja seniman, dengan mencampurkan beberapa warna,” jelas Ken. (Eri Maryana)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS