cat-rumah-warna-cerah

Cat Rumah, Segar dengan Warna-warni Cerah

4288 Kali

Ramadan dan lebaran menjadi momentum untuk memperbarui cat rumah Anda. Warna-warna rumah yang mulai kusam dan memudar bisa disegarkan kembali dengan memilih cat rumah yang tepat.

eksterior-seezet

Ada yang memperbarui cat rumah dengan warna sama, namun ada yang butuh penyegaran dan ingin tampil beda dengan mengganti warna cat rumah mereka. Pergantian warna cat bisa memberi kesan berbeda saat saudara atau tetangga datang bersilaturami ketika lebaran tiba.

Bagi yang ingin mengganti warna cat rumah mereka, tentu harus mempertimbangkan warna apa yang pas dan sesuai dan juga tidak ketinggalan dengan tren warna cat rumah di tahun itu. Lantas seperti apa tren warna cat rumah pada 2016 ini?

“Kecenderungan tren warna cat rumah tahun ini [2016] untuk eksterior atau bagian luar, adalah warna cerah tapi cenderung ke pastel. Jenis catnya pun yang fast moving atau mudah dibersihkan,” terang Sales Supervisor PT Kansai Prakarsa Coatings, R. Adhi kurnianto, saat ditemui Espos, belum lama ini.

Warnanya bisa cream, ungu, pitch atau kuning cenderung ke oranye, hijau, smoke grey, dan abu-abu. Selain pilihan warna tersebut, tambahnya, karena cat tersebut untuk bagian luar sebaiknya harus tahan sinar UV dari Matahari, dan hujan. Sehingga warna cat tidak mudah pudar.

interior-biru-homenedHal senada juga disampaikan Roy Yoga, Sales Mowilex, yang menyebut tren warna cat rumah pada 2016 tidak jauh berbeda dengan 2015, yakni ke cat warna cerah dan warna cat rumah minimalis.

“Untuk cat rumah bagian luar, sebaiknya pilih yang tahan cuaca. Beli cat eksterior yang bagus sekalian atau cat kelas premium, kendati harganya cukup mahal. Namun daya tahannya cukup lama sehingga perhitungan biayanya lebih murah,” terang  Roy Yoga kepada Espos, belum lama ini di Solo.

Hanya saja, tambah Adhi Kurnianto, ada juga pemilik rumah yang memilih cat rumah bagian luar dengan harga biasa atau bukan kelas premium. Risikonya tidak tahan lama, sehingga pemilik rumah harus keluar biaya lagi untuk beli cat dan bayar tukang cat.

 

Bagian Interior

Selain cat rumah bagian luar atau eksterior, pemilik rumah juga ingin mengganti cat rumah bagian dalam atau interior. Apakah pilihan warnanya sama atau berbeda dengan warna cat eksterior?interior-ungu-freshhomedesign

Menurut Indrawati, sales promotion girl (SPG) Taka Paints, warna cat interior untuk pasangan muda ada kecenderungan warna-warna yang cerah, seperti hijau cerah, merah muda atau pink dan ungu. “Kendati cerah namun tidak membuat pedas mata, jadi cerahnya tetap nyaman dilihat,” ujarnya kepada Espos.

Bahkan, sambung Adhi Kurnianto, ada kecenderungan warna cat interior dari masing-masing ruangan berbeda. Karena bagi pasangan muda dengan cat yang warna-warni, membuat penghuninya lebih fresh setelah pulang kerja.

“Warnanya cerah juga tetapi lebih soft dibanding cat eksterior, seperti cream, grey stadium, white pool, yellow street, dan green view,” jelas Adhi.

Oleh :

Arif Fajar S.

redaksi.minggu@solopos.co.id

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS