Arif Fajar S. Pengunjung bisa melihat langsung dapur terbuka atau open kitchen saat juru masak atau chef beraksi. Arif Fajar S. Pengunjung bisa melihat langsung dapur terbuka atau open kitchen saat juru masak atau chef beraksi.

DAPUR TERBUKA : Panggung Pertunjukan Chef

390 Kali

Restoran atau tempat makan berkonsep open kitchen alias dapur terbuka makin mudah kita jumpai di berbagai tempat, tak terkecuali di Solo. Dapur kini menjadi salah satu spot yang dianggap bisa lebih banyak menarik konsumen. Dengan konsep terbuka, aktivitas para juru masak alias chef bisa disaksikan langsung oleh tamu. Alhasil, konsumen bisa mengetahui seberapa higienis masakan yang disajikan untuk mereka.
Salah satu tempat yang menggunakan konsep dapur terbuka adalah restoran di The Sunan Hotel Solo. Di dapur terbuka itu, proses persiapan memasak makanan yang dipesan, proses memasak hingga menghidangkan bisa dilihat langsung pengunjung restoran.
“Open Kitchen itu ibarat panggung pertunjukan para chef saat memasak makanan pesanan pengunjung restoran di hotel ini,” tutur Executive Chef Sunan Hotel, Solo, Eko Edi Priyanto.
Karena chef itu juga entertainer saat memasak. Di mana di situ pengunjung restoran yang biasanya tinggal terima makanan yang dipesan, bisa melihat di mana seorang chef beraksi menyiapkan bahan yang akan dimasak. Kemudian proses masaknya, hingga menghindangkan ke pengunjung.
“Jadi seorang chef ditantang bisa memasak sesuai pesanan dilihat langsung pengunjung. Karena itu open kitchen butuh ruang luas, karena proses masak ada pada satu tempat, selain itu juga harus dijaga kebersihannya. Biasanya di dapur terbuka ada, kompor, exhaust atau penyedot uap, meja untuk meracik masakan, serta alat masak lainnya, termasuk tempat cuci,” jelas Eko.

Harus Bersih
Menurut Pengajar Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Ken Sunarko, open kitchen biasanya ada di hotel karena membutuhkan ruangan yang luas. Open kitchen biasanya menjadi tempat untuk demo chef hotel.
Sebagai lokasi demo chef saat memasak, open kitchen harus memenuhi beberapa syarat. Di lokasi itu harus bersih, tidak ada tumpukan karung sayur, karung tomat, dan lain. Bahan-bahan masakan, baik itu sayuran, daging dan lainnya ada tempat penyimpanan sendiri di luar dapur terbuka itu.
“Jadi di dapur terbuka, adalah tempat saji, masak, dan hidang. Jadi karena ada di satu tempat urutannya harus benar, jangan terbalik-balik nanti bisa merepotkan prosesnya. Di lokasi itu biasanya ada meja, beberapa kompor di satu tempat, dan storage untuk beberapa peralatan, serta tempat cuci,” jelas Ken Sunarko kepada Espos, di rumahnya Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo, Senin. (Arif Fajar S./JIBI)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS