Pernak-pernik unik bisa digunakan untuk mempercantik ruangan dalam rumah. (istimewa) Pernak-pernik unik bisa digunakan untuk mempercantik ruangan dalam rumah. (istimewa)

DEKORASI RUMAH: Percantik Ruangan dengan Pernik Unik

89 Kali

 

Rumah adalah tempat nyaman untuk bercengkerama bersama anggota keluarga. Kenyamanan itu bisa dihadirkan dengan penataan ruang dan dekorasi ruang yang pas. Selain itu, ruangan yang cantik juga bakal menarik ketika ada tamu atau saudara jauh berkunjung ke rumah.

Beberapa cara pun ditempuh pemilik rumah untuk mendekorasi rumah terutama ruang per ruang agar terlihat cantik. Seperti padu padan warna cat dinding,  penataan mebeler pun bisa mendukung keindahan ruangan dalam rumah.

Pernak-pernik unik juga bisa digunakan untuk mempercantik ruangan dalam rumah. Beberapa pemilik rumah memilih membeli pernak-pernik unik di sejumlah tempat penjualan aksesori. Mereka pun rela berburu di sejumlah tempat penjualan pernak-pernik unik untuk dekorasi ruangan di dalam rumah. Namun ada juga yang memanfaatkan waktu luang membuat pernak-pernik unik untuk hiasan dinding ruangan rumah mereka.

Pernak-pernik unik bisa digunakan untuk mempercantik ruangan dalam rumah. (istimewa)

Pernak-pernik unik bisa digunakan untuk mempercantik ruangan dalam rumah. (istimewa)

Tren ini pun membawa berkah bagi pembuat pernak-pernik unik. Salah satunya Fairuz Ba’asir, pemilik sekaligus pengrajin pernak-pernik unik dari barang bekas Fairus Artt Solo di Jl. Kapten Mulyadi Gang Joyosudiran RT 003/RW 011, Pasar Kliwon, Solo.

Ibu tiga anak ini memilih barang-barang bekas seperti botol, periuk nasi, tutup drum, papan, blek kerupuk, teko, ceret, rantang, dan sejumlah barang bekas lainnya menjadi objek kreativitasnya. Berbekal bakat melukis sejak SD, Fairus mulai membuat warna-warna unik dengan mencampur warna beberapa cat.

Setelah barang-barang bekas itu diberi warna cat pastel dan warna-warna lainnya, Fairuz mulai melukis beragam bentuk, mulai bunga, tokoh wayang, Vespa, maupun artis film zaman dulu pada papan kayu jati sehingga memunculkan kesan retro. “Peminatnya dari Solo dan luar Solo. Ada yang meminta gambar khusus namun ada yang memilih barang-barang yang sudah jadi. Katanya unik untuk hiasan ruangan,” jelas Fairuz  di rumahnya.

Octaria Kenes, warga Sukoharjo, memilih pernak-pernik unik untuk mempercantik ruangan di dalam rumahnya dengan cara membeli di sejumlah tempat. Seperti tanduk rusa jantan dan betina yang diletakkan di dinding ruang tengah rumah.

Ada juga lampu gantung yang diletakkan di ruang keluarga. Demikian juga nakas kecil dengan bentuk yang unik ditempatkan di ruang tamu sehingga ruang tengah, ruang keluarga, dan ruang tamu memiliki nuansa berbeda namun tetap cantik. “Sengaja saya beli di sejumlah tempat, namun ada juga yang di-endorse,” terang Octaria, Selasa (18/9).

Menurut Octaria, pernak-pernik tersebut dibeli setelah ruangan jadi. Untuk menyesuaikan dengan ruangan diterapkan sistem geser dan bongkar pasang. Tidak perlu merancang karena sekarang banyak penjual online dan toko-toko yang menyediakan pernak-pernik unik yang update dengan perkembangan saat ini.

Afrodita, warga Kartasura, Sukoharjo, memilih membuat pernak-pernik unik dengan sejumlah benda yang ada di lingkungan rumah, seperti talenan, karung goni, kancing, dan tali. Dengan kepandaian dan ketelatenan serta jiwa seninya, Afrodita mampu membuat hiasan dinding dari talenan dan karung goni. Termasuk pajangan dengan tema shabby chic dan vintage di ruang tamu.

“Kreasi sendiri. Jadi dibuat dulu baru nanti ditempatkan di mana yang pas. Sengaja membuat sendiri agar unik dan sesuai selera kita, yang jelas lebih hemat. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan, termasuk bekas tutup kaleng biskuit yang bisa untuk papan nama,” jelas Afrodita,  Rabu. (Arif Fajar S.)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS