Dekorasi Unik dengan Terarium (purehome) Dekorasi Unik dengan Terarium (purehome)

Dekorasi Unik dengan Terarium

829 Kali

Ingin menghadirkan suasana alam di dalam ruangan yang memberikan atmosfer berbeda? Kalau memajang tanaman hias sudah terasa terlalu biasa, kenapa tidak mencoba memajang terarium?

Terarium adalah miniatur suasana alam atau biosfer buatan yang menggunakan media campuran yaitu tanah, bebatuan, dan tanaman. Media dan tanaman ini ditata di dalam wadah kaca atau plastik transparan dan bisa menjadi dekorasi ruangan yang unik.

Kireina Windiah, pendiri Studio Saestu, produsen terarium, mengatakan hiasan ini bisa menjadi pengganti tanaman hias dalam pot. “Bisa membeli jadi dari produsen atau bisa juga membuat sendiri sesuai selera,” katanya.

Jika ingin membuat sendiri, yang kali pertama diperhatikan adalah media tanam yang dipakai, apakah tanah, pasir atau bebatuan. Jika memilih menggunakan tanah, maka gunakan tanah yang mengandung unsur hara sedikit. Untuk tanaman, Kireina menyarankan jenis yang tidak mudah tumbuh besar seperti kaktus atau tanaman jenis pakis seperti suplir.

Ruang tempat terarium tidak boleh diletakkan di lokasi panas karena sifat terarium yang seperti rumah kaca akan membuat tanaman kepanasan dan layu. Karena itu terarium lebih pas dipajang di ruangan berpengondisi udara (AC). Dalam perawatan, yang diperhatikan adalah kebersihan wadah. Tak perlu sering menyiram tanaman karena jenis yang dipakai semestinya adalah tanaman yang tak banyak membutuhkan air. (Agnes Savitri/JIBI)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS