Dapur yang nyaman tentukan akan membuat suasana kegiatan memasak jadi lebih gembira/dok. Dapur yang nyaman tentukan akan membuat suasana kegiatan memasak jadi lebih gembira/dok.

Desain Dapur Optimal

599 Kali

RUMAH190.COM–Dapur merupakan salah satu bagian penting yang harus ada dalam rumah. Kehadiran dapur dalam rumah sangat vital, apalagi jika si empunya rumah hobi memasak. Untuk rumah dengan lahan luas, mendesain dapur dengan segala macam konsep yang diinginkan bisa dengan mudah dilakukan.

Tapi beda ceritanya jika lahan rumah sempit. Pemilik rumah harus pandai-pandai menyiasati lahan sempit dengan mendesain dapur yang praktis dengan menempatkan berbagai furnitur dapur yang memiliki sifat fleksibel. Dosen Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) Universitas Sebelas Maret Solo (UNS,) Soepono Sasongko mengatakan, menyiasati dapur dengan lahan sempit bisa dilakukan dengan menempatkan berbagai furnitur maupun berbagai perlengkapan dapur yang memiliki unsur fleksibel.

”Untuk dapur kecil, perlu dilakukan pengoptimalan ruang-ruang kosong dalam dapur. Sebisa mungkin memanfaatkan setiap celah yang difungsikan untuk menempatkan berbagai perkakas dapur, seperti memanfaatkan ruang kosong di bawah kompor untuk menempatkan berbagai peralatan dapur. Pembagian ruangan dalam dapur dilakukan seefisien mungkin,” ujar Soepono ketika dijumpai Espos di ruang kerjanya belum lama ini.

Lebih lanjut Soepono menjelaskan, pada dasarnya, bagian utama yang harus ada dalam dapur terdiri dari dua bagian, yakni sink/washing pan atau tempat untuk mencuci piring dan tempat kompor. Sementara perkakas dapur lainnya merupakan bagian tambahan yang tidak harus ada dalam dapur, seperti kehadiran exhaust fan maupun kelengkapan dapur lainnya.

Untuk menghemat tempat, dapat ditempatkan almari gantung yang penempatannya ditempelkan di tembok dan pada ruang kosong di bagian bawah tempat cuci piring dan di bawah kompor dapat diletakkan almari dengan rak yang banyak. ”Almarinya dibentuk dengan menghadirkan banyak rak sehingga bisa menampung banyak peralatan dapur,” ujarnya.

Dia menambahkan, penempatan berbagai perkakas dapur harus menyesuaikan dengan luas lahan dapur. Jika ingin menggunakan dapur dengan sistem moduler, ukuran panjang modulernya minimal dua meter yang digunakan untuk menempatkan washing pan dan untuk menempatkan kompor.

Lebih lanjut Soepono mengatakan, luas dapur untuk lahan sempit minimal berukuran 2X2 meter, dengan catatan ruang dapur tanpa sekat permanen di mana ada dua sisi ruangan bersifat terbuka. Untuk dapur yang tertutup, luas area dapur minimal 2X3 meter.

”Ketika mendesain dapur, pemilik rumah juga harus mempertimbangkan ruang gerak bagi si pengguna.,” ujarnya. Artinya. peletakan furnitur dan berbagai perkakas dapur harus disesuaikan dengan postur tubuh si pengguna dapur.

Soepono menambahkan, tempat cuci piring biasanya diletakkan pada bagian paling kiri, sementara kompor diletakkan pada bagian paling kanan ruangan dapur. ”Sebenarnya penempatannya tergantung keinginan pemilik rumah. Namun biasanya wilayah basah di sebelah kiri dan wilayah kering di sebelah kanan,” kata dia. (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS