bathroomideaz.com Desain Industrial, Gaya Alternatif yang Berani bathroomideaz.com Desain Industrial, Gaya Alternatif yang Berani

Desain Industrial, Gaya Alternatif yang Berani

316 Kali

 

Bosan dengan penataan interior yang mungkin makin dianggap “begitu-begitu saja”? Mungkin ini saatnya Anda mencoba gaya alternatif yang disebut desain industrial atau industrial design.

Seperti namanya, gaya ini memang mengadaptasi suasana industri seperti pabrik atau bengkel menjadi langgam penataan ruang, baik itu rumah tinggal, apartemen atau kantor. Semua desain penataannya lebih difokuskan pada fungsi, namun tetap memiliki nilai artistik yang menarik.

Langgam desain interior ini berawal dari Eropa dan Amerika menyikapi dampak pascaindustrialisasi di kawasan tersebut. Kerasnya persaingan usaha dan dampak dinamika perekonomian membuat banyak pabrik tutup dan terbengkalai. Di sisi lain kebutuhan ruang tinggal dan ruang usaha bidang jasa makin meningkat sehingga sejumlah bangunan tua bekas pabrik atau gudang pun disulap beralih fungsi.

Dalam perubahan fungsi itu, unsur-unsur bangunan khas pabrik dengan kerangka baja, jalur pipa-pipa yang terekspose atau dinding yang dibiarkan telanjang tanpa acian semen sehingga memperlihatkan pola geometris susunan batu batanya  dijadikan bagian dari elemen desain interior. Pencahayaan pun memanfaatkan jendela-jendela besar atau atap kaca.

Jika Anda ingin mengadopsi gaya ini ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar penataan ruang yang dilakukan tetap berkesan manis. Untuk mengimbangi citra kasar dan kaku bangunan pabrik misalnya, bisa dipilih perabotan kayu berwarna pucat agar suasana berkesan sejuk dan modern. Jika hendak mewarnai salah satu dinding sebagai fokus pandang, gunakan cat putih untuk memberi kesan bersih dan luas. Bisa digunakan pula perabotan dari bahan yang berkilat atau berwarna metalik seperti aluminium atau baja tahan karat (stainless steel) untuk memperkuat suasana “gaya pabrik.”  (Diena Lestari/JIBI)

 

 

 

 

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS