Desain Mediterania Jawa, Dingin Tanpa AC

1539 Kali

Sebagai seorang pekerja di lapangan yang panas dan penuh polusi, Danang Heri, 45, ingin sekali mendapatkan sesuatu yang berbeda ketika memasuki rumah. Dia ingin memiliki rumah yang adem sehingga bisa menyegarkan kembali pikiran dan energi yang banyak terkuras setelah seharian bekerja. “Pulang kerja itu pasti rasanya lelah dan letih sekali. Badan terasa gerah. Kalau masuk rumah udaranya terasa panas, yang ada nanti rasa lelah dan letih itu tidak sembuh malah semakin menjadi-jadi. Kalau udara rumah cukup dingin, pasti lelah dan letih itu bisa hilang dengan sendirinya,” katanya saat ditemui Espos di rumahnya di Dusun Cokrokembang, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten, beberapa waktu lalu.

Rumah Danang yang dibangun dengan menggabungkan konsep arsitektur model Mediteranian dan Jawa itu memang didesain memiliki sirkulasi udara yang cukup. Void setinggi delapan meter membuat sirkulasi udara terasa lebih adem. Pencahayaan di siang hari cukup mengandalkan bantuan sinar Matahari yang masuk melalui cela-cela lubang ventilasi. “Sedikit mungkin, kami memang meminimalkan penggunaan tenaga listrik pada siang hari. Jadi, saya sengaja tidak memasang AC karena udara di dalam rumah sudah dingin,” ungkap pria yang juga menjadi anggota dari Harley Davidson Club Solo ini.

Untuk membuat udara terasa lebih dingin saat beristirahat di dalam kamar, Danang sengaja membuat kolam di samping kamar. Ketika malam hari, uap air dari kolam itu tertiup embusan angin dan masuk melalui lubang ventilasi kamar sehingga membuat suhu udara menjadi terasa lebih adem. Bangunan rumah itu juga didukung lingkungan sekitar yang masih asri. Rumah yang dibangun selama setahun sejak 2007 hingga 2008 itu berdiri tak jauh dari Kali Pusur dan Objek Wisata Mata Air Cokro (OMAC). “Situasi desa yang masih asri menjadi pendukung. Udara di desa ini belum terkontaminasi dengan polusi. Saat musim kemarau sekalipun, udara di desa ini terasa lebih sejuk,” tandasnya. (Moh. Khodiq Duhri/JIBI)

RELATED POST FOR CATEGORY

Bedah Rumah

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS