interiordesignable Tata ruang kantor yang inovatif interiordesignable Tata ruang kantor yang inovatif

Desain Ruangan: Kantor Cantik Kerja Asyik

766 Kali

 

Bagi sebagian orang kantor sudah menjadi rumah kedua. Kesibukan pekerjaan serta jarak atau waktu tempuh perjalanan dari rumah ke kantor dan sebaliknya membuat orang lebih banyak berada di tempat kerja melampaui waktu standar kerja. Di sisi lain, jika kondisi fisik kantor tidak menarik, monoton, tidak berkesan dinamis dan sebagainya para pekerja kantoran ini juga bakal lebih cepat jenuh. Dampaknya kreativitas dan produktivitas kerja juga jadi merosot.

Karena itu desain tata ruang kantor yang inovatif sangat diperlukan untuk memberikan suasana kerja yang nyaman. Arsitek Farida Gunadi menyebut banyak aspek yang harus diperhatikan untuk merancang kantor yang nyaman. Salah satunya adalah memilih warna dinding yang tepat. “Untuk dinding kantor lebih baik menggunakan warna-warna terang,” katanya. Warna cerah akan memantulkan cahaya lampu sehingga menghasilkan efek terang dan ruangan menjadi terlihat luas. Beberapa warna cerah yang dapat dijadikan pilihan di antaranya off white, creamy ivory, macadamia dan light cream.

Untuk aplikasi pada dinding, penggunaan lebih dari satu warna untuk sisi dinding yang berbeda juga bisa diterapkan. Tentu saja keserasian antara pilihan warna yang dipergunakan juga harus diperhatikan.

Pemilihan cat dinding juga bisa mempertimbangkan karakter dari lembaga, sifat pekerjaan atau pekerjanya. Lembaga yang bergerak di bidang media, promosi atau bidang kreatif biasanya diisi para pekerja berusia muda dengan karakter aktif dan dinamis. Karenanya tak ada salahnya memilih warna cat dinding yang berkesan “berani” seperti hijau, biru atau merah. Penggunaan warna seperti ini bisa memicu semangat. Jika diterapkan hanya di bidang-bidang dinding tertentu saja akan muncul kesan dinamis.

Selain dinding, bagian yang bisa diubah tampilannya adalah partisi atau panel pembagi ruang kantor. Umumnya partisi yang dipergunakan adalah kaca polos atau material seperti kayu atau papan gipsum tak tembus pandang yang juga satu warna.

Untuk menyemarakkan ruangan, Farida menyarankan penggunaan partisi yang bercorak atau memiliki pola-pola dekorasi. Untuk menghindarkan suasana formal dan monoton pemasangan karya seni seperti lukisan, patung atau foto-foto berbingkai dengan pola penataan yang unik bisa juga dilakukan. Jangan lupakan peletakan tanaman hias di sudut-sudut kantor untuk lebih menyegarkan suasana dan membawa kesejukan dan keakraban dunia luar kantor ke dalam ruangan. (Agnes Savithri//JIBI)

 

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS