Rumah Jengki di Premulung Rumah Jengki di Premulung

Desain Rumah: Gaya Jengki Banyak Variasi

361 Kali

normal_20141109_Rumah_jengki_di_Jl__Kolonel_Sutarto_2

Rumah-rumah gaya jengki di Solo kini masih bisa dijumpai di kawasan Grogolan, Pasar Kliwon, Ketelan, Premulung, Kepatihan, Madyotaman, Gandekan, Punggawan, Turisari, Balapan, Purwadiningratan, Sriwedari dan Panggung. Temuan menariknya, rumah-rumah jengki itu sebagian besar jauh dari jalan raya. Hanya terdapat satu rumah jengki yang letaknya di jalur strategis yakni di Jl. Kolonel Sutarto, Panggung. ”Hal ini menunjukkan bahwa rumah-rumah jengki di tepian jalan raya jumlahnya semakin menyusut. Rumah itu sudah berganti rupa menjadi bangunan dengan desain gaya lain,” ungkap pengajar desain interior asal UNS Solo, Anung B. Studyanto, beberapa waktu lalu

Bentuk rumah jengki ternyata berbeda-beda. Rumah jengki di Kepatihan misalnya, memiliki bentuk segi lima, namun bidang atapnya bertemu membentuk sudut. Rumah jengki di Gandekan menggunakan garis horizontal dan vertikal yang diaplikasikan pada pintu dan jendela. Garis miring dapat ditemui pada lisplang, pintu, jendela, serta dinding rumah. Rumah jengki di Gandekan ini juga menggunakan lapisan dinding dari batu alam.

Rumah jengki di Turisari memiliki keistimewaan berupa penggunaan dua tiang miring berbentuk huruf V untuk menyangga cor beton yang berbentuk V pula.”Tipe rumah jengki di Solo ada tiga yakni rumah jengki sederhana atau tampak depannya berbentuk segi lima, tipe rumah jengki yang menerapkan gewel dan rumah jengki yang dikreasi lebih jauh,” papar Anung.

Menurut Anung, rumah gaya jengki di Solo masih ada kendati jumlahnya tidak terlalu banyak. Kebanyakan rumah jengki di Solo dalam kondisi tidak terawat. Ironisnya, rumah jengki dimaknai sebagai model rumah yang sudah ketinggalan zaman. Bahkan, para pemiliknya ingin mengubah tampilannya sesuai dengan rumah gaya masa kini. (Moh. Khodiq Duhri/JIBI)

RELATED POST FOR CATEGORY

Bedah Rumah

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS