Tangga (pixabay.com) Tangga (pixabay.com)

Desain Rumah: Tangga Besi Lebih Praktis

2434 Kali

Pada umumnya, tangga rumah dibuat menggunakan kontruksi beton dengan rangka besi atau baja. Selain dipandang lebih rumit dalam membuat rangka besi, pembangunan tangga beton ini membutuhkan waktu yang relatif lama. Pengeringan beton paling tidak membutuhkan waktu dua hingga tiga pekan.

Sebagai gantinya, tangga besi menjadi pilihan alternatif. Pemesanan tangga besi bisa dilakukan di bengkel las yang mudah ditemukan di banyak tempat. Satu unit tangga besi bahkan bisa dikerjakan hanya dalam hitungan hari. “Setiap sepekan sekali, biasanya kami bisa memasang tangga dua kali,” kata Joko, 34, karyawan Bengkel Las 354 di Jl Pakel, Baturan, Colomadu, Karanganyar, saat ditemui Espos di tempat kerjanya, beberapa waktu lalu.

Menurut Joko, tangga buatannya dijual seharga Rp350.000/meter untuk besi dengan ketebalan 1,4 mm dan Rp500.000/meter untuk besi dengan ketebalan 2 mm. Menurutnya, desain tangga besi menyesuaikan dengan pesanan. Tangga besi buatannya itu dipasarkan melalui mandor-mandor proyek di bidang properti.

“Sebelum membuat tangga, biasanya kami survei dahulu. Soal berapa derajat sudut kemiringan tangga itu sesuai pesanan,” paparnya.

Terkait ukuran anak tangga, kata Joko, juga menyesuaikan pesanan konsumen. “Biasanya kami menunjukkan foto-foto yang berisi model tangga besi yang bisa kami bikin. Konsumen bebas menentukan model mana yang akan dipilih,” paparnya.

Pengajar  Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Muhammad Muqoffa, mengakui  jika tangga besi lebih banyak diminati karena lebih praktis. Kendati begitu, tidak semua tangga besi itu dibuat dengan menggunakan standar keamanan dan kenyamanan. Tangga besi yang dibuat oleh bengkel las umumnya lebih mengedepankan selera konsumen daripada standar keamanan dan kenyamanan.  “Sebaiknya pemilik bengkel las memiliki standar pembuatan tangga besi yang aman,” tandasnya. (Moh. Khodiq Duhri/JIBI)

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS