roemahkoe

Display Gebyok Eksotik di Roemahkoe

486 Kali

RUMAH190.COM–Sebuah gebyok dari kayu jati yang berisi tumpukan bantal guling bermotif batik dengan kombinasi kaca kristal dari Eropa menjadi point of interest ruang antara atau ruang transisi bangunan milik Ny Nina Akbar Tandjung yang kini dijadikan restoran/penginapan bernama Roemahkoe di Laweyan, Solo.

Yang menarik, di sisi luar gebyok, ada lampu-lampu kecil yang mengelilingi bagian luar gebyok sehingga terkesan mewah. Kesan mewah itu semakin elegan dengan paduan gypsum dari Belgia yang menaungi ruangan tersebut.

Di ruang antara atau foyer ini ada meja kayu jati yang sudah kuno dengan lantai beralas karpet wol.

Tempat ini dipakai sebagai ruang penyambut tamu atau ruang selamat datang. Sehingga hanya dilewati saja, menuju meja kursi tempat makan di ruang lain.

Rumah yang dibuat pada tahun 1938 tersebut, menurut Manager Roemahkoe, Ari Kurniawan Ak, hampir seluruh dekorasi dan mebelnya terbuat dari kayu jati dengan kombinasi kaca kristal dari Eropa. ”Kaca kristalnya berbeda dengan kaca kristal yang ada di sini, karena kalau kena sinar pantulannya tidak langsung dan kacanya seperti menyala,” kata Ari. Gebyok kayu jati yang menjadi foyer ala Roemahkoe tersebut, sambung Ari, sering menarik perhatian pengunjung sehingga ada yang memilih makan dengan cara lesehan di meja di sekitar gebyok tersebut.

Di sudut lain, ada dua foyer lagi yang terletak di samping rumah dan di belakang, menghubungkan ruang makan dan dapur.

Di samping kiri Roemahkoe, begitu masuk orang akan disuguhi meja besar yang berisi seperangkat alat membatik berikut buku tentang sejarah dan motif batik yang ada di nusantara. Baru kemudian digiring ke sebuah meja kursi untuk bercengkerama dan sebuah ruang makan. Foyer dengan style Jawa yang diwakili oleh seperangkat gamelan juga terlihat di bagian belakang Roemahkoe. Foyer yang berupa gebyok jati dengan seperangkat gamelan tersebut menjadi ruang antara dengan dapur dan ruang makan yang terletak di bagian belakang.  – ema

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS