www.pixabay.com www.pixabay.com

Efek Cahaya Kaca Patri : Indah dan Dramatis

788 Kali

RUMAH190.COM Kaca patri merupakan jenis kaca yang digunakan sebagai unsur dekoratif atau ornamen dalam sebuah rumah hunian.Dalam bahasa Belanda, kaca patri disebut dengan glass in-lood. Jika ditilik dari sejarahnya, seni kaca patri merupakan ornamen arsitektur yang berasal dari Eropa.Ketua jurusan Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) UNS Solo Drs Rahmanu Widayat Msn menjelaskan, pada awalnya kaca patri banyak digunakan pada jendela terutama untuk bangunan rumah ibadah, khususnya gereja di Eropa. Namun dalam perkembangannya, kaca patri banyak diaplikasikan di rumah hunian.

Kaca patri terbuat dari potongan-potongan kaca yang disambungkan dengan logam dan dipatri menjadi model atau motif tertentu, namun ada pula yang dibuat dengan teknologi modern. Pada rumah hunian, kaca yang memiliki nilai artistik tinggi ini biasanya dipasang pada boven light yang terletak di atas pintu atau jendela. Kaca patri sangat cocok digunakan pada rumah berkonsep klasik model Eropa. Rahmanu menambahkan, kaca patri juga tampak menarik digunakan sebagai dinding transparan atau dipasang pada jendela tanpa bukaan. Bisa pula di pasang di samping kanan atau kiri pintu masuk rumah atau sebagai ornamen pada daun pintu.

Selain berfungsi sebagai unsur dekoratif, kaca patri juga memiliki kegunaan yang fungsional, yakni memasukkan cahaya dari luar ke dalam rumah. Efek cahaya menarik yang dihasilkan dari terusan cahaya yang melewati kaca patri ini akan lebih indah an dramatis dinikmati dari dalam ruangan. Namun yang harus diperhatikan adalah bentangan rangkaian kaca patri tidak boleh terlalu lebar. Pasalnya, jika sambungan potongan kacanya terlalu banyak dikhawatirkan tidak akan kuat. Jenis kaca yang satu ini memiliki keunikan mampu memperindah ruangan rumah. Rahmanu menyebutkan, keunikannya terletak pada sambungan patrinya dan motifnya yang bervariasi. ”Motifnya bisa geometris dan kebanyakan orang menggunakan kaca patri dengan motif flora atau motif bunga, namun biasanya bentuk bunganya sedikit kaku. Namun ada pula bentuk bunga yang menggunakan lengkungan, semuanya tergantung pada keahlian dan kreasi si pembuatnya,” ujar Rahmanu saat berbincang dengan Espos di ruang kerjanya.

Selain motif bunga, ada pula motif lainnya sesuai selera pemilik rumah. Dia menambahkan, salah satu bentuk geometris yang bisa dipilih adalah bentuk segi tiga. Beragam motif pada kaca patri tersebut pada intinya mampu menimbulkan kesan artistik dalam rumah. Mengenai komposisi warna kaca patri, kebanyakan menggunakan warna primer dan sekuder. Warna yang biasanya digunakan pada kaca patri antara lain merah, hijau, biru dan kuning. Sementara pemilihan jenis kaca bisa menggunakan kaca bertekstur atau kaca polos berwarna. ”Tapi kaca tekstur lebih bagus digunakan karena akan menimbulkan efek cahaya yang lebih menarik,” ujarnya.  (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS