Suharsih
Dengan mengikuti tren model kanopi, membuat rumah lebih indah sesuai gayanya.
Lebih indah dan sejuk dengan kanopi
SOLOPOS 12 MAR 2006 Hal V GRIYA Suharsih Dengan mengikuti tren model kanopi, membuat rumah lebih indah sesuai gayanya. Lebih indah dan sejuk dengan kanopi SOLOPOS 12 MAR 2006 Hal V GRIYA

EKSTERIOR RUMAH: Pilih Kanopi di Teras

137 Kali

Butuh kreativitas dalam menata rumah, termasuk kanopi teras agar penghuni merasa nyaman dan segi estetika tetap terjaga. Terlebih rumah minimalis di lahan yang terbatas, kanopi teras menjadi “pelindung” utama menghadapi cuaca panas maupun hujan, sekaligus untuk parkir kendaraan.

Beruntung saat ini ada pilihan kanopi atau atap untuk teras rumah. Selain kini menjadi bagian dari keindahan rumah, juga beragam manfaat di bawah kanopi tersebut. Karena sudah tertutup kanopi, pemilik rumah bisa memarkir kendaraan, barang-barang lain tanpa merasa takut terkena panas atau hujan.

Mengenai model dan bahan kanopi pun beragam, tergantung selera dari pemilik rumah. Ada kanopi yang menggabungkan baja ringan (holo) atau besi sebagai kerangka dengan atap dari asbes, galvalum, kaca, genting, seng, atau fiberglass.

“Kalau seng mungkin saat ini sudah ditinggalkan ya, karena selain tipis juga mudah rusak dan berlubang. Karena itu, untuk kanopi teras rumah saya gunakan holo sebagai kerangka dan atapnya menggunakan asbes,” terang Agung, warga Singopuran, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Menurut dia, seng, galvalum, dan fiberglass, saat hujan air yang jatuh ke atap kanopi dari bahan tersebut akan menimbulkan suara berisik. Menurut Agung, ini tentu akan mengganggu pendengaran. Selain itu asbes mudah mengalirkan air dan lebih awet.

Penggunaan galvalum sebagai atap kanopi justru dirasakan berbeda oleh Lilik Heru, warga Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Bagi dia, justru dengan atap kanopi dari galvalum ada keuntungan tersendiri saat hujan.

“Pas awal turun hujan kita langsung tahu karena suaranya terdengar, sehingga bisa siap-siap mengangkat jemuran atau benda lainnya agar tidak kehujanan,” tuturnya belum lama ini.

Namun tidak hanya itu, dengan atap galvalum dan kerangka baja ringan, tambah dia, bisa menyesuaikan dengan desain rumah minimalis. “Jadi bisa semakin membuat tampilan rumah kita lebih bagus,” ujarnya. (Arif Fajar S)

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS