Menata rumah elegan bergaya Amerika (Rumah190/Arif Fajar S) Menata rumah elegan bergaya Amerika (Rumah190/Arif Fajar S)

Elegan Bergaya Amerika

114 Kali

Inspirasi menata rumah bisa mengadopsi berbagai gaya arsitektur dan dekorasi ruangan. Kuncinya, tinggal menyesuaikan bentuk bangunan. Hal itu diterapkan Rachelnina di rumahnya, Jl. Bengawan Solo, Gang 9, Semanggi, Pasar Kliwon, Solo.
“Saya menyebutnya bergaya Amerika. Karena pernak-pernik dan elemen mebel yang sebagian besar terbuat dari kayu sesuai dengan gaya tersebut,” kata perempuan yang akrab disapa Nina ini.

Menata rumah elegan bergaya Amerika (Rumah190/Arif Fajar S)

Menata rumah elegan bergaya Amerika (Rumah190/Arif Fajar S)

Rumah dengan luas tanah 300 meter persegi menghadap ke utara berpagar tembok cukup tinggi terlihat asri di halaman rumahnya. Bagian depan sisi timur difungsikan sebagai garasi mobil. Secara umum, di sisi timur ada pintu samping tembus. Sebelah baratnya ada kamar yang difungsikan sebagai butik Saqinah Jilbab SQh, kemudian di bagian tengah ada pintu utama, dan sisi paling barat merupakan kamar anak perempuan Nina.
Kursi panjang besar dari kayu jati, dipadu dengan empat kursi dan meja kayu dengan bagian atas meja dari granit menghiasi teras rumahnya. Di atasnya lampu gantung khas rumah Amerika. Di dinding bagian depan beberapa lampu dinding terpasang mempercantik tampilan bagian depan.

Menata rumah elegan bergaya Amerika (Rumah190/Arif Fajar S)

Menata rumah elegan bergaya Amerika (Rumah190/Arif Fajar S)

Memasuki ruang tamu, terasa betapa elegan dan bersih. Ada sofa tiga seater dipasangkan dua kursi, satu meja kecil dan meja utama beralaskan karpet. Di atas meja terdapat tempat kue berwarna emas (gold). Bersebarangan dengan meja kursi, ada meja konsol dipenuhi pernak-pernik apik, lukisan cantik, dan meja kaca berpenyangga rangka lampu.
“Pernak-pernik hasil berburu di Solo aja, pas kebetulan main ke mal ada toko yang menyediakan pernak-pernik. Kalau dilihat pas untuk hiasan di rumah, biasanya saya beli. Kadang minta pertimbangan anak perempuan juga,” tutur Nina.
Tanpa pembatas, ruang tamu menyambung dengan ruang keluarga. Sementara sisi ruang tamu ada kamar anak perempuan. Sedangkan sisi kiri dan kanan ruang keluarga ada kamar tidur utama dan kamar tidur anak laki-laki. “Anak saya tiga, dua laki-laki dan satu perempuan,” terang Nina.
Di ruang tamu dan ruang keluarga ada juga lampu gantung cantik. Di ruang keluarga ada sofa besar tiga tempat duduk dan meja beralaskan sofa. Di dinding ada televisi layar lebar dan perangkat audio di atas meja berpadu dengan pernak-pernik apik.
Kamar tidur anak perempuan terlihat rapi dengan elemen khas cewek. Sedangkan kamar tidur anak laki-laki ada tempat tidur susun dengan hiasan sederhana dan almari yang tertata rapi. “Kami membiasakan semua harus rapi, jadi setelah bermain atau belajar harus ditata lagi,” ujar Nina yang juga ahli menghias kamar pengantin.

Menata rumah elegan bergaya Amerika (Rumah190/Arif Fajar S)

Menata rumah elegan bergaya Amerika (Rumah190/Arif Fajar S)

Ruang keluarga juga tersambung dengan ruang makan utama yang tertata rapi dengan dapur kering dan kitchen set kustom. Sisi timur ruang makan ada dapur kotor yang dibatasi pintu kaca. Di sisi barat ruang makan yang juga tembus dengan ruang keluarga dan kamar utama, ada halaman belakang dengan taman sederhana. Ada kursi dan meja kecil mengisi teras belakang.
Beragam elemen yang ada di rumah tersebut, memang didominasi warna cokelat, putih, gold, dan hitam. “Iya itu warna-warna kesukaan. Terlihat tenang dan elegan,” ujar Nina. (Arif Fajar S.)

RELATED POST FOR CATEGORY

Bedah Rumah

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS