taman rumah

FURNITUR TAMAN KENYAMANAN BERSANTAI

1193 Kali

Taman rumah merupakan salah satu aset bagi sebuah keluarga. Karena area taman bisa dijadikan tempat berkumpul, tempat bersantai untuk melepas kepenatan ataupun tempat untuk membangun komunikasi keluarga dengan santai.
Taman yang hijau, dengan dipenuhi tanaman yang indah bisa dinikmati karena pemandangannya cukup menyejukkan. Taman juga bisa dinikmati secara langsung oleh anggota keluarga saat berada di tengah-tengahnya, dan melakukan aktivitas yang santai. Misalnya duduk-duduk santai di atas rumput yang hijau atau bebatuan yang tertata rapi di taman.

Aktivitas lebih santai akan bisa dinikmati, jika di area taman ditambah dengan perlengkapan pendukung seperti kursi dan meja. Furnitur di taman biasanya ada dua macam yaitu permanen dan yang kompatibel. Furnitur permanen, ”tertanam” di taman dan menjadi bagian dari taman.

Untuk itu, harus dibuat/dipilih furnitur yang indah supaya tetap bisa dinikmati sebagai satu kesatuan pemandangan di taman. Sedangkan yang kompatibel, bisa ditempatkan/dipindahkan sesuai dengan kebutuhan.

taman rumah

Ketua Jurusan Desain Interior FSSR UNS, Drs Rahmanu Widayat MSn mengatakan, model dan desain furnitur untuk keperluan rumah, banyak dijumpai di pasaran. Selain itu banyak pula pelayanan pembuatan furnitur yang disesuaikan dengan pesanan.

”Sekarang banyak sekali model dan motif perabotan untuk interior dan eksterior. Demikian pula dengan perabot seperti kursi dan meja,” kata dia saat dijumpai Espos di Kampus UNS beberapa waktu silam.

Bagian dari rumah

Sementara itu, salah satu arsitek asal Solo, Agung Wibowo menambahkan taman merupakan bagian dari rumah sehingga tema yang akan dihadirkan hendaknya juga disesuaikan dengan tema rumah, termasuk model furniturnya. Desain yang sederhana dan menyatu dengan taman merupakan pilihan terbaik.

Memilih furnitur taman, khususnya yang permanen tidak bisa asal-asalan. Ada ketentuan khusus agar furnitur tersebut bisa awet dan mendukung aktivitas di sekitarnya. Selain itu, furnitur taman yang notabene untuk keperluan eksterior berbeda dengan interior.

Dibutuhkan bahan yang lebih kuat agar tahan terhadap cuaca, mengingat letak geografis Indonesia yang memiliki iklim tropis. ”Bahan untuk furnitur taman ini harus bahan yang relatif tahan terhadap panas dan hujan,” kata dia saat ditemui di kantornya, Rumadesain Solo.

Bahan tersebut misalnya kayu-kayu yang kuat seperti kayu jati dan kayu ulin, besi, besi cor, atau bahkan semen cor. ”Masing-masing bahan memiliki keunggulan dan kekurangan, namun relatif tahan dan kuat terhadap cuaca.”

Bahan kayu merupakan bahan yang sering menjadi pilihan untuk membuat kursi atau meja, karena memberi kesan alami dan bisa dibuat menjadi berbagai bentuk. Bahan kayu juga dapat dipadukan dengan bahan besi.

Perabotan taman ini juga akan lebih dekoratif dengan polesan cat yang berwarna menarik. Manfaat ganda yang diperoleh adalah melindungi bahan dari cuaca sehingga perabotan akan lebih awet.

Sementara bahan besi, besi cor atau semen cor tidak kalah menariknya. Bahan ini cukup berat dan sulit dipindahkan sehingga lebih kerap dijadikan elemen yang permanen di taman.

Di sisi lain, Agung mengatakan bahan apapun yang dipilih untuk furnitur taman, faktor kenyamanan tidak bisa dikesampingkan.

”Kenyamanan juga diutamakan. Aktivitas bersantai di taman hendaknya tidak terganggu dengan kursi yang reot atau bentuknya tidak nyaman,” kata alumni arsitek UNS ini.  ( Akhmad Ludiyanto )

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS