http://modelrumahminimalist.net http://modelrumahminimalist.net

Garasi Multifungsi

2085 Kali

RUMAH190.COM Garasi merupakan tempat penyimpanan kendaraan agar aman. Garasi juga dimaksudkan agar kendaraan seperti mobil terhindar dari kontak langsung dengan air hujan maupun panas matahari.
Garasi dibangun menjadi satu bagian dengan rumah, atau berada di dalam lingkup rumah. Oleh sebab itu, konsep dan struktur pembuatan garasi mengikuti luas rumah bersangkutan. Mulai dari desain, bahan-bahan dan posisi menyesuaikan diri dengan desain rumah.

Ukuran garasi juga disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk satu buah mobil cukup dibangun dengan ukuran 2,4 m x 4,8 m. Pimpinan PT Portalindo Utama, Solo, Ali Hufroni mengatakan untuk mengandangkan dua mobil maka ukuran garasi seluas 4 m x 9 m. “Ukuran garasi ini disesuaikan dengan kebutuhan,” kata dia kepada Espos, beberapa waktu lalu.

Sebagai ‘kandang’ mobil, fungsi garasi bisa dimaksimalkan untuk berbagai keperluan. Dia mengatakan, semakin berkembangnya populasi manusia semakin terbatas pula lahan untuk perumahan, maka garasi juga dijadikan sebagai ruang pertemuan yang memerlukan space yang cukup. Sebab pada lahan terbatas, jika garasi dibuat hanya untuk kandang mobil, maka lahan untuk bangunan rumah menjadi sangat berkurang.

Untuk ruang lain

“Garasi bisa digunakan sebagai tempat pertemuan, karena jika pertemuan itu dilakukan di dalam rumah maka tidak akan cukup menampung banyak orang,” kata dia.

Dengan membersihkan lantai garasi yang berasal dari berbagai kotoran mobil, dan pembenahan-pembenahan lainnya maka ruangan sudah cukup representatif untuk pertemuan. “Garasi kan dibuat hampir sama dengan ruangan lain di rumah sehingga representatif juga untuk pertemuan.”

Sementara itu, untuk memberi kesan kemeriahan, tinggal memainkan linghting atau pencahayaan. Caranya dengan mengganti bola-bola lampu dengan yang lebih terang. Misalnya pada hari-hari biasa memakai bola lampu lima watt, bisa diganti dengan yang 25 watt atau disesuaikan dengan luas ruangan.

Di sisi lain, garasi juga bisa digunakan untuk menempatkan peralatan atau barang-barang yang berkaitan dengan mobil. Misalnya kaleng-kaleng oli, kaleng water coolant dan perkakas lain. Dengan membuat rak yang ramping atau disesuaikan dengan ukuran dinding, peralatan-peralatan itu dapat dipindahkan. Menurut Ali, sepanjang upaya pemaksimalan itu tidak saling mengganggu fungsi satu sama lain, tidak masalah.

Selaingarasi, salah satu istilah lain untuk menempatkan mobil adalah carport. Kalau garasi berada di dalam rumah atau indoor, maka carport berada di luar rumah atau outdoor. Konstruksinya lebih sederhana dibandingkan dengan garasi. Biasanya, carport tidak memiliki dinding dan hanya terdiri atas tanah yang diperkeras. Untuk melindungi mobil dari sinar matahari maupun hujan, atap carport bisa dibuat dari bermacam-macam bahan yang juga sesuaikan dengan kondisi rumah. Carport ini juga bisa dimaksimalkan pemakaiannya untuk keperluan lain. Misalnya yang dilakukan oleh Supoyo, warga Karanganyar, dia sengaja menempatkan carport di samping rumah. Dengan atap kanopi, mobilnya sangat aman berada di bawahnya. Namun dia sengaja membuat lahan yang lebih panjang daripada ukuran mobil. Sisa lahan dipakai untuk melakukan aktivitas isterinya mencuci, menjemur dan menyeterika pakaian anggota keluarga. ( Akhmad Ludiyanto )

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS