Sebagai bangunan yang terpisah dari bangunan rumah, gazebo bisa dibuat dengan beberapa bahan dasar. Misalnya, bambu bisa digunakan sebagai bahan untuk membangun gazebo sederhana dengan biaya murah..Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/SOLOPOS Sebagai bangunan yang terpisah dari bangunan rumah, gazebo bisa dibuat dengan beberapa bahan dasar. Misalnya, bambu bisa digunakan sebagai bahan untuk membangun gazebo sederhana dengan biaya murah..Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/SOLOPOS

Gazebo : Tempat Santai di Sekitar Rumah

311 Kali

RUMAH190.COM–Gazebo dapat menjadi alternatif tempat yang tepat untuk bersantai bersama keluarga di kala senggang. Ada beragam bentuk gazebo yang dapat dijadikan pilihan, mulai dari yang berbentuk permanen, semipermanen dan nonpermanen. Biaya pembangunannya pun tak identik dengan biaya mahal.

Sebagai bangunan yang terpisah dari bangunan rumah, gazebo bisa dibuat dengan beberapa bahan dasar. Misalnya, bambu bisa digunakan sebagai bahan untuk membangun gazebo sederhana dengan biaya murah. Tinggal menentukan selera apakah mau dicat atau dibiarkan alami. Demikian juga bahan untuk atapnya bisa disesuaikan keinginan kita.

Gazebo yang memiliki fungsi sebagai tempat bersantai, dapat ditempatkan di halaman depan ataupun belakang rumah. Seperti dilakukan oleh Ahmad Abu Jazid, yang memilih menempatkan bangunan gazebo sederhana di halaman depan rumahnya.

Pria yang akrab disapa Ama tersebut menempatkan gazebo di samping pintu masuk rumah, sehingga orang yang melintas dari luar pagar dapat melihat jelas keberadaan gazebo di rumahnya Jl Menteri Supeno No 17, Manahan.

”Memang sengaja ditempatkan di pojok depan halaman rumah, dekat dengan pintu masuk. Selain sebagai tempat bersantai bersama keluarga atau pun teman-teman dekat, kami sesekali juga bisa melihat aktivitas orang-orang yang melintas di depan rumah dari gazebo,” kata Ama saat dijumpai Espos di kediamannya.

Soal bahan untuk gazebo, Ama memilih bambu berwarna coklat gelap tanpa pelitur glossy, sehingga warna alaminya lebih keluar dan terkesan lebih natural. Sementara atapnya, alang-alang dipilih sebagai bagan yang memberi kesan alami dan cocok dipadukan dengan bambu.

Bersantai dan rekreasi

Alang-alang juga dinilai dapat mengeliminir terik matahari di siang hari, sehingga orang yang berteduh di dalam gazebo tidak merasa kepanasan dan lebih nyaman. ”Konsep yang dipilih adalah kembali ke alam dengan model gazebo yang Jawani dan sederhana. Oleh karena itu saya memilih material gazebo dari bambu dan alang-alang,” kata aktivis Granat tersebut.

Untuk menambah kesan alami, Ama, juga menempatkan kandang burung yang letaknya tak terlalu jauh dari gazebo. Sehingga bisa bersantai di gazebo sambil mendengar kicauan burung parkit, kenari dan jalak putih yang ada di dalam kandang.

”Saat kami bersantai di gazebo bisa sekaligus berelaksasi dengan mendengarkan kicauan burung. Tidak hanya itu bangunan terbuat dari bambu untuk display koleksi tanaman hias di samping gazebo semakin membuat kita betah bersantai,” tuturnya.

Soal biaya yang mesti dikeluarkan untuk membangun gazebo, Ama menyebutkan untuk membangun gazebo berukuran sekitar 2,5 meter x 3 meter tersebut hanya butuh dana Rp 2 juta-an.

”Gazebo ini selain untuk tempat santai, juga ditujukan untuk merubah iklim yang lebih natural di lingkungan rumah. Pemilihan konsep natural ini disesuaikan dengan bangunan rumah inti yang bergaya kuno dan sudah berumur sekitar 100 tahun,” ujarnya.

Gazebo dari bahan bambu dan atap alang-alang juga dipilih oleh pemilik restoran steak Wapo, Danny. Gazebo bambu dengan atap alang-alang berbentuk lingkaran tersebut ditempatkan Danny di sudut pojok taman yang terletak di halaman depan rumahnya yang beralamatkan di Jl Depok No1, Manahan.

”Konsep yang saya pilih adalah gazebo sederhana bernuansa alam, jadi bahan-bahan yang digunakan semuanya menggunakan bambu dan atapnya saya pilih dari alang-alang,” kata Danny. (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS