Pemilihan bahan tampaknya juga perlu diperhatikan. Pasalnya tebal tipis suatu bahan juga berpengaruh terhadap fungsi suatu gorden. Untuk gorden dengan bahan tebal, misalnya, lebih efektif jika difungsikan sebagai peredam ataupun rumah berhawa dingin/dok. Pemilihan bahan tampaknya juga perlu diperhatikan. Pasalnya tebal tipis suatu bahan juga berpengaruh terhadap fungsi suatu gorden. Untuk gorden dengan bahan tebal, misalnya, lebih efektif jika difungsikan sebagai peredam ataupun rumah berhawa dingin/dok.

Gorden Tak Sekadar Pelengkap Ruang…

2958 Kali

RUMAH190.COM–Gorden dan vitrage adalah salah satu elemen kecil penunjang tampilan interior sebuah ruang. Tak hanya berfungsi sebagai penutup demi privasi sang pemilik rumah, gorden dan vitrage juga dapat memunculkan kesan estetika tertentu.

Pemasangan gorden yang cocok dengan konsep desain ruang mampu menambah keindahan interior rumah. Keberadaan gorden tentu tidak sekadar sebagai elemen pelengkap untuk menunjang keindahan rumah. Menurut perancang desain interior yang sekaligus dosen Universitas Sahid Solo, Kusbimantoro SSn, gorden pada dasarnya digunakan sebagai penunjang fungsi tertentu dan penunjang estetika ruang. Estetika yang dimaksud yakni untuk memperindah tampilan ruangan. Dalam hal ini pemasangan gorden lebih dimaksudkan mendekorasi suatu ruangan untuk kepentingan tertentu.

Sedangkan sebagai penunjang fungsi yakni memenuhi fungsi dasar gorden. Pemasangan gorden di dalam ruangan, kata dia, memiliki fungsi untuk mengatur pencahayaan. Selain itu untuk rumah dengan kondisi lingkungan yang ramai, lanjut dia, keberadaan gorden dapat difungsikan sebagai peredam suara. Pemasangan gorden pada ruangan juga dapat berarti menjaga privasi pemiliknya. ”Selain menutup jendela, gorden dapat dipergunakan untuk menutup dinding. Hal itu untuk menunjang nilai estetika suatu ruangan. Selain itu juga memiliki fungsi akustik, yakni sebagai peredam,” ujar dia.

Tirai secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis yakni gorden dan vitrage. Untuk pemasangannya vitrage sering kali dipadukan dengan pemasangan gorden. Namun ada juga yang hanya menggunakan tirai jenis gorden. Vitrage merupakan tirai tipis yang tetap dapat memasukkan sinar matahari, hanya saja dengan lebih lembut. Selain itu vitrage juga berfungsi menghalangi pandangan dari luar sementara dari dalam ruang tetap bisa melihat ke luar. Dengan demikian fungsi penjagaan privasi dapat terpenuhi dengan pemasangan tirai jenis ini.

Bagi sebagian orang yang kurang memahami berbagai fungsi tersebut, pemasangan gorden maupun vitrage sering kali tidak diperhatikan. Menurut Kusbimantoro pemasangan gorden seharusnya memperhatikan ukuran. Ia mengatakan pemasangan gorden pada jendela idealnya berada di bawah kusen atau tidak menutupi jalusi (lubang angin). Selain itu panjang gorden juga harus proporsional dengan kondisi ruang.

”Harus dipasang di bawah kusen agar angin tetap bisa masuk sehingga sirkulasi udara di dalam ruang tidak terganggu. Panjangnya ya harus proporsional, kurang lebih 25 cm lebih panjang dari kusen bawah. Namun jangan terlalu menjuntai ke lantai agar tidak mudah kotor,” jelasnya.

Perawatan

Ia menambahkan untuk rumah bertipe kecil sebaiknya menggunakan gorden yang memungkinkan dibuka secara penuh sehingga sirkulasi udara di dalam ruangan tetap terjaga.

Pemilihan bahan tampaknya juga perlu diperhatikan. Pasalnya tebal tipis suatu bahan juga berpengaruh terhadap fungsi suatu gorden. Untuk gorden dengan bahan tebal, misalnya, lebih efektif jika difungsikan sebagai peredam ataupun rumah berhawa dingin. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap kemudahan dalam hal perawatannya.

Lebih lanjut Kusbimantoro mengungkapkan perlunya memperhatikan motif dan tekstur suatu bahan. ”Untuk rumah tipe kecil sebaiknya digunakan motif dan tekstur yang lebih lembut daripada rumah tipe besar. Motif juga harus disesuaikan dengan properti yang ada di ruangan. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan suatu kesatuan dalam suatu ruangan,” imbuh dia.

Perawatan rutin perlu dilakukan untuk menjaga gorden tetap indah. Marketing Interior Candi, Hartini mengatakan perawatan yang perlu dilakukan tergolong mudah dan simpel. ”Paling hanya digunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu. Selain itu untuk bahan tertentu bisa di-laundry dan ada juga yang hanya di lap saja,” papar dia. Ditambahkan Kusbimantoro untuk menjaga gorden tetap bersih setidaknya perlu dibersihkan atau dilakukan penggantian satu kali dalam sepekan. (Sika Nurindah)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS