Arsitek: W. Prasasti Barada, ST., M.Sc. Arsitek: W. Prasasti Barada, ST., M.Sc.

Konsultasi Desain Rumah : Green Skin Membentuk Ruang Iklim yang Bersahabat

700 Kali

Rubrik ini diasuh oleh dosen dan mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura.

RUMAH190.COM–Desain yang ditampilkan kali ini merupakan pengembangan vertikal dari rumah tapak yang difungsikan sebagai kantor sebuah Konsultan di Provinsi Banten.Pengembangan diperlukan untuk mengantisipasi perkembangan ke depan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna.

Fungsi bangunan sebagai kantor konsultan tak berubah. Bagian ruang-ruang pada lantai 1 semaksimal mungkin tidak dirubah untuk menekan biaya renovasi, selain memang fungsi ruang-ruang di lantai 1 tersebut sebelumnya mewadahi aktivitas yang sama. Lantai 1 diperuntukkan sebagai ruang tamu, ruang administrasi, ruang kerja, ruang direktur dan pantry. Lantai 2 diperuntukkan sebagai ruang kerja, ruang rapat, pantry, ruang istirahat, serta ruang cuci dan jemur.

Fasad bangunan sedapat mungkin mengikuti bentuk lahan yang berada di sudut, dengan cara pengolahan muka bangunan berorientasi pada arah dua jalan yang berada pada sisi barat dan utara bangunan. Pada sisi bagian barat dan utara terdapat secondary skin berupa rangka untuk media tanaman rambat yang berfungsi sebagai shading yang sebagian menutupi ruang servis. Selain berpartisipasi mendukung gerakan green building, manfaat yang didapat dari green skin ini adalah dapat menjadi selimut vegetasi yang membentuk iklim ruang lebih bersahabat.

RELATED POST FOR CATEGORY

Konsultasi

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS