Pilih sofa sesuai dengan gaya rumah. (Rumah190/Arif Fajar S.) Pilih sofa sesuai dengan gaya rumah. (freepik.com)

Hal Ini Penting Sebelum Membeli Sofa

111 Kali

Ada beragam cara menyambut saudara yang bakal mudik saat Lebaran nanti. Mulai menyiapkan masakan khas di Hari Raya Idulfitri, hingga menghadirkan sesuatu yang baru setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa.

Bagi sebagian masyarakat, menyambut Lebaran identik dengan sesuatu yang baru. Mulai dari baju baru, cat dinding ruangan, dan ada juga yang mengganti kursi lama di ruang tamu dengan kursi baru. Kehadiran saudara dan tamu saat silaturahmi di hari raya memang perlu disambut dengan yang istimewa.

Namun, menurut Duty Manager Informa Solo Paragon Lifestyle Mall, Sentot Ariyono didampingi Senior Sales Informa, Yan Syaputra, sebelum mengganti sofa lama dengan sofa baru sebaiknya harus memperhatikan sejumlah hal.

“Di mana sofa baru tersebut diletakkan. Apabila untuk mengganti sofa lama di ruang tamu, sebaiknya harus tahu luas ruangan tersebut [panjang dan lebarnya]. Jangan sampai sofa telanjur dibeli, ternyata ruangannya tidak terlalu luas, akhirnya ruangan jadi penuh,” terang Yan Syaputra.

Selain memperhatikan luas ruangan, ditambahkan Supervisor Toko mebel Margo Murah Baru, Jl. Dr Muwardi No. 21 Kota Barat, Solo, Haeni, perhatikan pula lebar pintu utama atau akses masuk ke dalam rumah.

“Jangan sampai sofa yang dibeli karena ukurannya terlalu besar, tidak bisa masuk karena pintunya kecil. Saat ini banyak rumah yang hanya satu pintu, bukan dua pintu [kupu tarung],” ujarnya.

Setelah paham luas ruangan, lanjut Yan, tentukan pilihan sofa. Apakah yang kombinasi sofa dua tempat duduk dan sofa tiga tempat duduk (2 dan 2). Bisa juga sofa tiga tempat duduk dikombinasikan sofa satu tempat duduk (2 dan 1). Ada juga yang kombinasi sofa dua tempat duduk, sofa dua tempat duduk, dan sofa satu tempat duduk (2, 2, dan 1). “Untuk kombinasinya, bisa memilih meja yang kotak, bundar, atau dua meja kecil. Kemudian aksesorinya bisa vas bunga dan bantal,” terang Yan.

Namun, lanjut dia, tak jarang ada juga konsumen yang bingung begitu sampai di toko. Karena banyak pilihan sofa akhirnya tidak fokus sofa mana yang harus dibeli. Apabila demikian, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak toko. “Di Informa ada juga jasa desain ruangan, biasanya tim akan mendatangi rumah kemudian akan menentukan sofa mana yang pas,” jelasnya.

Ragam pilihan sofa (Rumah190/Arif Fajar S.)

Ragam pilihan sofa (Rumah190/Arif Fajar S.)

Mengenai pilihan bahan sofa, menurut Yan dan Haeni, tersedia sofa dengan bahan kain. Ada juga sofa dengan bahan kulit dan berbahan oscar atau kulit imitasi. “Biasanya untuk rumah minimalis sofa berbahan kain menjadi pilihan. Sofa berbahan kulit dan oscar pas untuk rumah bergaya klasik,” ujarnya.

Selain ruang tamu sebagai wajah ruangan, menurut Haeni, sofa juga bisa ditempatkan di ruang keluarga. Biasanya pilihan sofa untuk ruang keluarga adalah yang bisa untuk bersantai juga dan muat banyak orang.

“Ada sofa berbentuk L, ada juga sofa yang bisa disetel menjadi tempat tidur, dan bisa juga sofa recleaning yang sandarannya bisa sedikit direbahkan dengan sandaran kaki,” ujar Haeni.

Di Informa, menurut Yan Syaputra, untuk sofa ruang tamu saat ini ada promo, harganya mulai Rp5 juta. Ada juga sofa dengan harga normal mulai Rp10 juta. Di Margo Murah Baru, tambah Haeni, sofa untuk ruang tamu harga mulai Rp4 juta dan sofa untuk ruang keluarga mulai Rp3 juta. (Arif Fajar S.)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS