Batu pada lantai tidak hanya menambah nilai estetika ruang, tetapi batu-batu tersebut dapat difungsikan sebagai alat pijat refleksi untuk telapak kaki./pinterest.com Batu pada lantai tidak hanya menambah nilai estetika ruang, tetapi batu-batu tersebut dapat difungsikan sebagai alat pijat refleksi untuk telapak kaki./pinterest.com

Hiasan Batu Koral di Kamar Mandi Sebagai Penunjang Kesehatan

786 Kali

RUMAH190.COM–Kamar mandi dapat dirancang untuk berbagai macam kegunaan. Selain sebagai tempat membersihkan tubuh, ruang ini juga bisa didesain untuk menunjang kesehatan.

Seperti kamar mandi milik Dra Yuli Astuti MM, warga Sapen, Sukoharjo, yang mendesain kamar mandinya dengan apik dan multifungsi. Kamar mandi berukuran 2 x 1,75 meter yang terletak di kamar utama ini berfungsi untuk mandi, rias dan dilengkapi sarana pijat refleksi. ”Kamar mandi itu saya tempatkan di kamar utama berdasarkan privasi dan kebutuhan saya. Selain itu ada kamar mandi satu lagi yang saya letakkan di ruang publik. Ada bak dan shower yang bisa menunjang kebutuhan tamu dan anggota keluarga yang lain,” ungkap Yuli.

Di dalam kamar mandi eksklusif miliknya, Yuli memberi batu-batu koral putih dan hitam pada lantai. Tak sekadar menambah nilai estetika ruang, batu-batu ini dapat difungsikan sebagai alat pijat refleksi untuk telapak kaki.

”Saya menambahkan batu-batuan untuk mandi dan refleksi dengan air hangat. Air hangat saya tampung untuk memenuhi batu-batu koral sehingga bisa untuk refleksi kaki, buat apa jauh-jauh ke spa, kalau di rumah saja bisa,” lanjut Yuli.

Di sudut lain dekat pintu kamar mandi, ada wastafel dan kaca rias yang berisi pembersih muka dan peralatan rias lain. Sementara di dekat kloset dibuat pancuran air untuk wudhu. ”Shower sengaja saya tempatkan di atas batu-batu koral agar mandi terasa menyehatkan, bisa sekalian refleksi,” ungkap Yuli yang juga menjabat sebagai Kasubdin Pemasaran Obyek Wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Karanganyar.

Ditambahkan Yuli, di antara wastafel dan shower yang menyatu dengan kloset, ada gorden dari plastik untuk menyekat kamar mandi basah dan kering. Sementara itu, untuk pemilihan ubin dinding, Yuli memilih warna biru yang natural. ”Penyerapan airnya lebih bagus dibandingkan ubin dinding yang lain,” ujarnya. Untuk membuat kamar mandi ini, Yuli membutuhkan anggaran sekitar Rp 3 juta. ( ema)

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS