model-teralis-jendela-dan-pintu (1)

Hindari Banyak Sambungan Pada Teralis

871 Kali

RUMAH190.COM–Pada dasarnya, fungsi utama memasang teralis pada pintu rumah adalah sebagai pengaman. Dengan adanya teralis, orang tidak bisa masuk dengan mudah ke dalam rumah kendati telah merusak pintu utama rumah.

Selain fungsinya sebagai pengaman dalam rumah, pemasangan teralis pada pintu maupun jendela rumah memungkinkan udara dan cahaya dari luar dapat bebas masuk ke dalam rumah.

Dosen Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) Universitas Sebelas Maret Solo (UNS), Ken Sunarko menyebutkan, bahan teralis yang paling bagus digunakan adalah yang terbuat dari wrought iron, campuran antara besi dan timah. Hanya sayangnya, bahan tersebut sangat jarang ditemui, bahkan saat ini mungkin sudah tak ada lagi di pasaran.

Dia mengungkapkan, bahan wrought iron banyak digunakan untuk membuat teralis pada zaman kolonial Belanda. Karena bahan tersebut sudah langka, masyarakat beralih menggunakan bahan dari besi tempa, besi beton, persegi dan besi strip. ”Wrought iron sangat lentur, sehingga dengan mudah bisa dibentuk sesuai kemauan. Sayangnya, saat ini material tersebut sudah tak ada lagi,” ujar Ken saat ditemui Rumah190.com di kediamannya.

Ukiran

Ken yang juga seorang desainer interior hotel ini menambahkan, pada dasarnya model teralis untuk pintu maupun jendela ada dua macam, yakni model plain (lugas, mutlak tanpa ornamen apa pun) dan model dekoratif (kaya akan ornamen).

Untuk model dekoratif yang banyak digunakan masyarakat saat ini adalah yang berpola ornamen dan ukiran. ”Saat ini yang berbentuk ukiran sudah banyak yang dicetak, bentuknya bermacam-macam seperti bentuk daun maupun bunga,” kata dia.

Agar pemilihan model teralis pintu dapat menambah keindahan rumah, perlu dipilih model teralis yang disesuaikan dengan lingkungan sekitarnya. Misalnya saja, teralis dengan model dekoratif akan sangat cocok dipasang pada pintu atau jendela rumah bergaya etnik maupun untuk rumah berkonsep klasik. Sementara teralis model plain sangat cocok dipasang pada pintu dan jendela rumah minimalis dan rumah dengan konsep kembali ke alam.

Ken menambahkan, berdasarkan fungsinya sebagai pengaman, konstruksi teralis harus kuat. ”Sebisa mungkin dihindari terlalu banyak sambungan pada teralis. Pasalnya, jika terlalu banyak las pada sambungan, konstruksi teralis tidak kuat,” bebernya.

Sementara untuk menghindari teralis berkarat, teralis sebaiknya dilapisi dengan lapisan primer atau lapisan antikarat sebelum dicat. Sedangkan demi keselamatan dan keamanan, sebaiknya menghindari pemasangan teralis dengan sisi-sisi yang tajam. (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS