Penataan ruang tamu rumah bergaya tropis minimalis (Rumah190/Arif Fajar S.) Penataan ruang tamu rumah bergaya tropis minimalis (Rumah190/Arif Fajar S.)

Hunian Nyaman & Sejuk Bergaya Tropis Minimalis

134 Kali

Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan dua musim silih berganti, yakni musim kemarau dan musim penghujan. Iklim tropis memiliki beberapa karakter khusus seperti curah hujan yang tinggi, suhu rata-rata sepanjang tahun yang hangat, dan kelembapan yang tinggi.
Dengan kondisi ini, desain rumah tropis menjadi pilihan yang pas untuk sebuah hunian di Indonesia. Ini lah yang kemudian menjadi pilihan Abdullah, warga Nusukan, Banjarsari, Solo dalam mendesain rumah miliknya.

Penataan ruang makan rumah bergaya tropis minimalis (Rumah190/Arif Fajar S.)

Penataan ruang makan rumah bergaya tropis minimalis (Rumah190/Arif Fajar S.)

Menggandeng Hari Purnomo, seorang kontraktor, untuk mewujudkan desain rumah yang didapatkan melalui pencarian di dunia maya, kini rumah berukuran panjang 17 meter dan lebar 16 meter di atas tanah seluas 270 meter persegi sudah berdiri kokoh menghadap timur.
Sesuai desainnya rumah tropis memiliki beberapa ciri yang membuat hunian tersebut nyaman, hangat, dan sejuk. Nyaman karena memiliki atap rumah tinggi sehingga membuat kesan lapang dengan bukaan sirkulasi yang membuat udara mengalir bebas.
Demikian juga dengan pencahayaan. Desain rumah tropis sangat memperhatikan potensi alam berupa limpahan sinar matahari.
Ciri itulah yang Rumah190 dapatkan ketika berkunjung ke rumah milik Abdullah, belum lama ini. Pintu utama rumah tidak berada lurus di depan teras rumah, namun bergabung dengan pintu garasi. Untuk mencapai pintu rumah, cukup melewati jalanan setapak yang berdampingan dengan tanaman bambu yang berfungsi sebagai peneduh di depan teras rumah.
Tampak jendela kaca berukuran lebar dibingkai alumunium membuat tampilan bagian depan simpel tapi elegan. Uniknya, pintu rumah yang menjadi akses ke dalam rumah terbuat dari lembaran kayu jati utuh bergaya rustik.
“Selain unik, pintu ini dilengkapi dengan kunci berteknologi canggih besutan Samsung. Untuk membukanya butuh sidik jari atau nomor PIN khusus. Bisa terhubung dengan smartphone sehingga bisa diketahui siapa terakhir yang masuk dan keluar rumah,” jelas Abdullah.
Memasuki ruang tamu, terlihat mebeler bergaya skandinavian. Ruang tamu berbagi dengan ruang keluarga. “Ini sesuai permintaan pemilik rumah yang menginginkan tanpa sekat untuk ruang tamu dan ruang keluarga,” ujar Hari.
Memasuki kamar tidur utama di sisi selatan terasa layaknya kamar hotel. Ruang ini berukuran 4 meter x 7 meter dengan deretan jendela kaca one way (dari luar seperti cermin) yang menampilkan keindahan taman di bagian depan. Ruang ini dilengkapi kamar mandi dalam cukup mewah.
Di sisi utara ruang tamu, ada dua kamar tidur anak dengan desain cukup nyaman dengan kelengkapan kamar mandi di tengah antara pintu dua kamar tidur tersebut.

Penataan ruang dapur rumah bergaya tropis minimalis (Rumah190/Arif Fajar S.)

Penataan ruang dapur rumah bergaya tropis minimalis (Rumah190/Arif Fajar S.)

Bergeser ke belakang, deretan jendela kaca membuat ruangan seakan tak bersekat dengan halaman belakang. Di sisi selatan ada dapur lengkap dengan kitchen set yang didesain sesuai keinginan penghuninya. Warna putih mendominasi bagian ini.

Beranjak ke belakang, ada ruang cuci di sisi selatan berdampingan dengan kamar tidur asisten rumah tangga yang bisa diakses langsung dari halaman belakang dan garasi. Semula, menurut Hari, sisi selatan hanya untuk garasi. Namun dari hasil diskusi dengan pemilik rumah, akhirnya garasi dibuat memanjang ke belakang berbagi dengan kamar pembantu dengan bagian atas didak menjadi tiga lantai.
Lantai dua dengan akses tangga besi tanpa atap di halaman belakang, dimanfaatkan untuk ruang kajian, ruang kerja, dan bisa juga ruang pertemuan. Lantai tiga dibiarkan terbuka atau menjadi rooftop. “Kebetulan keluarga kami suka berkumpul dan memasak barbeque. Jadi dibiarkan terbuka dengan sejumlah tanaman dan hanya pojok yang diberi atap,” ujar Abdullah. (Arif Fajar S.)

RELATED POST FOR CATEGORY

Bedah Rumah

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS