Produk dari PT. Indaco Warna Dunia bisa menjadi pilihan untuk meredam panas atap rumah. (shutterstock) Produk dari PT. Indaco Warna Dunia bisa menjadi pilihan untuk meredam panas atap rumah. (shutterstock)

INDACO HOT SEAL : Redam Panas di Rumah

399 Kali

 

Galvalum, seng, dan plastik menjadi bahan baku yang saat ini sering digunakan untuk atap garasi atau atap rumah. Bahannya ringan, namun sayangnya produk tersebut tak mampu menahan panas sinar matahari, sehingga ruangan sekitarnya pun ikut menjadi panas.

Kendati ada beberapa produk galvalum dilengkapi peredam panas, namun harganya tentu lebih mahal. Namun, bagi Anda yang sudah telanjur menggunakan galvalum, seng atau plastik untuk atap rumah atau garasi, sekarang tidak perlu khawatir.

Hot Seal, produk dari PT. Indaco Warna Dunia bisa menjadi pilihan untuk meredam panas. Cat ini memiliki lapisan film ekso thermal (tidak dimiliki produk lain) sehingga mampu meredam panas dan sinar matahari. Lapisan sifatnya memantulkan radiasi sinar matahari.

Menurut Dwi Susetyo, Commercial Manager/Marketing PT. Indaco Warna Dunia, dari hasil pengujian, permukaan yang dilapisi Hot Seal suhu permukaan berkurang 7-10 derajat Celcius. “Hot Seal juga bisa diaplikasikan sebagai cat tembok. Pelapisan ini mampu menurunkan suhu ruangan 4-5 derajat celcius sehingga menghemat pemakaian AC,” terang Dwi Susetyo didampingi Qolbi, Marketing Staff PT. Indaco Warna Dunia, kepada Rumah190, di kantornya Jl. Raya Solo-Sragen Km 13,2 Desa Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar, belum lama ini.

Hot seal tersedia dalam 20 varian warna yang bisa dioplos dengan colour innov tinting system. Hasil akhir Hot Seal, lanjut Tyo, tidak kilap. Untuk meredam panas dan menolak sinar matahari, pelapisan efektif adalah dengan pengaplikasian Hot Seal sebanyak 3-4 lapis.

“Lebih dari 4 kali tidak masalah, karena atap itu terkena langsung dengan pergantian cuaca. Dengan pelapisan 3-4 kali lebih efektif memantulkam sinar matahari dan lebih awet terhadap cuaca. Selain itu, juga bisa meredam frekuensi suara air hujan mengenai galvalum, seng hingga 30 persen,” ujarnya.

Pengaplikasian Hot Seal bisa menggunakan kuas, roll, dan spray. Untuk penggunaan kuas dan roll langsung diaplikasikan tanpa dicampur air. Untuk penggunaas spray dicampur 10 persen air bersih. Tersedia dalam kemasan 1 liter, 4 liter (galon), 20 liter (ember besar). “Daya sebar 3-5 meter persegi per liter dengan ketebalan 300 mikron untuk tiga lapis dan bisa untuk antipengembunan. Daya tahan hingga lima tahun,” kata Tyo.

Fungsi lain adalah cat antibocor dipadu dengan Top Seal. Caranya, aplikasikan Top Seal dua kali lapis pada area bocor dengan retak rambuh di bawah 2 mm, lebih dari 2 mm ditambah serat fiber. Setelah itu baru diaplikasikan Hot Seal dua kali lapis.

PU Multipurpose

Produk Indaco lainnya adalah Poliuretan (PU) multipurpose. Produk ini menurut Dwi Susetyo, merupakan clear coat atau lapisan yang terbuat dari bahan kimia polyuretan yang bersifat antigores. PU multipropose digunakan untuk cat otomotif dengan hasil akhir kilap dan antigores.

“Tidak hanya otomotif, PU multipurpose bisa juga untuk lapisan cat lantai. Ketika pakai epoksi lapisan untuk semen lantai atasnya dikasih PU agar tidak kelupas. Ini sudah digunakan untuk tribun stadiun Bali United,” ujarnya.

Keunggulan lainnya, lanjut Tyo, bisa digunakan untuk lapisan cat tembok, kayu dan besi apabila masih kurang kilap. Antigores di PU multipurpose sifatnya licin dan kebal dengan bahan rumah tangga seperti minyak, cairan garam serta bahan kimia ringan, sehingga mudah dibersihkan dan tidak merusak cat. PU multipurpose memiliki dua komponen, yakni komponen resin dan hardener (pengeras). Untuk penggunaaannya, PU multipurpose 1 liter dicampur hardener 0.5 liter. “Sebaiknya sesuai kebutuhan saja, karena setelah dicampur tidak sampai satu jam sudah kering. Segera diaplikasikan. Apabila menggunakan kuas dan roll tidak perlu dicampur tiner, tapi kalau diaplikasikan untuk otomotif pakai tiner,” jelasnya. (Arif Fajar S.)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS