kran-air

Jangan Anggap Remeh Alat Sirkulasi Air

311 Kali

RUMAH190.COM–Selain bentuk dan model kloset, yang tak kalah penting diperhatikan adalah alat pembilasan. Menurut Supri, tenaga teknis toko penjual kloset, toko Mitra Solo, alat sirkulasi air untuk bilas penting diperhatikan sebelum memutuskan membeli kloset.

”Ada dua jenis alat sirkulasi air untuk bilas, yakni dari plastik dan kuningan. Alat bilas yang dari kuningan lebih awet daripada yang dari plastik, namun harga lebih mahal. Alat bilasnya saja bisa mencapai harga Rp 2 juta,” jelas Supri. Jika terjadi kerusakan alat bilas, sambung Supri, tidak perlu mengganti kloset lagi, tapi cukup mengganti spare part alat bilas dalam tangki tersebut.

Selain itu, penting juga diperhatikan tombol bilas pada tangki kloset, karena ada yang membutuhkan tekanan air besar dan tekanan air kecil. ”Kloset merk Toto ada dua jenis, yaitu tekanan air tinggi menggunakan tombol dan tekanan air kecil menggunakan handle,” lanjut Supri.

Dalam tangki kloset ada alat penampung air yang terhubung dengan kran air dan biasanya terpasang menyatu dengan dinding. Bahkan ada kloset yang melengkapi dengan dua tombol berbentuk setengah lingkaran yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. ”Fungsinya untuk tombol air 3 liter dan air 6 liter. Kalau untuk buang air kecil cukup tekan tombol yang 3 liter dengan ukuran lebih kecil dan untuk buang air besar tekan tombol yang 6 liter dengan ukuran lebih besar.”

Untuk kenyamanan dan kebersihan kloset, imbuh Supri, sebaiknya menambahkan tutup kloset yang ditempatkan pada permukaan dudukan kloset model duduk. ”Kisaran harga alat ini antara Rp 800.000-an,” lanjutnya.

Sementara itu pada kloset merk RRT, ada yang dilengkapi dua lubang untuk air masuk dan menghisap air. ”Jadi air dari tangki biasanya masuk dulu memenuhi kloset baru kemudian air dan kotoran dihisap ke dalam,” jelasnya.

Oleh karena itu, sebelum memilih kloset sebaiknya mengetahui dulu sistem kerja dari alat sirkulasi untuk air bilas. ”Terkadang ada juga yang menambahkan selang tambahan untuk cebok, jadi tidak jadi satu dengan kloset,” tambahnya.

Sementara itu, untuk merawat kloset, dosen Jurusan Desain Interior Universitas Sahid Surakarta, R Kusbimantoro mengatakan bisa memakai jeruk nipis atau bahan pembersih kloset yang bisa didapat di toko-toko.

”Untuk kloset duduk, membersihkannya cukup mudah, tinggal menuangkan cairan pembersih kloset ke dalam tangki kloset. Secara otomatis alat bilas dalam tangki akan membersihkan sendiri,” kata Kusbimantoro. Selain itu, ada beberapa kloset yang catnya terlepas, sehingga perlu dilakukan pengecatan ulang. ( ema )

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS