Pemasangan kaca film merupakan salah satu solusi untuk mereduksi panas sinar matahari/ideaonline.com Pemasangan kaca film merupakan salah satu solusi untuk mereduksi panas sinar matahari/ideaonline.com

Kaca Berwarna Bisa Mereduksi Panas

302 Kali

RUMAH190.COM–Ada berbagai aspek yang perlu diperhatikan untuk menciptakan kondisi di dalam ruangan rumah supaya terasa lebih teduh. Memilih kaca jendela yang tepat menjadi salah satu aspek yang penting diperhatikan untuk menciptakan kondisi rumah agar terasa lebih sejuk dan teduh.

Dosen Jurusan Desain Interior Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR) Universitas Sebelas Maret Solo (UNS), Drs Rahmanu Widayat MSn menyebutkan pemilihan kaca jendela biasanya disesuaikan dengan fungsi dan konsep ruangan atau tema rumah secara keseluruhan. Sementara itu, ada berbagai jenis kaca yang dapat dijadikan pilihan dipasang di jendela, mulai dari kaca bening, buram, berwarna hingga kaca bermotif.

Masing-masing jenis kaca tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Rahmanu mengungkapkan kaca jendela berwarna, termasuk di dalamnya kaca riben, merupakan jenis kaca yang dapat membuat rumah terasa teduh.

Pasalnya, kaca berwarna dapat mereduksi sekitar 40 persen hingga 50 persen panas matahari yang masuk di kala siang hari. ”Berbeda dengan kaca bening yang menyerap hampir 100 persen panas matahari yang masuk dari luar,” kata Rahmanu yang juga seorang desainer interior tersebut saat dijumpai Espos di ruang kerjanya.

Sementara itu, agar kaca berwarna yang dipasang sebagai eksterior rumah tak terkesan polosan, ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan untuk semakin memperindah ruangan. Sehingga selain dapat membuat ruangan rumah menjadi teduh dengan pencahayaan dari sinar matahari yang cukup, ruangan juga tampak terlihat lebih sedap dipandang mata.

Rahmanu yang juga dipercaya sebagai Ketua Jurusan (Kajur) Desain Interior FSSR UNS tersebut mengungkapkan, kaca berwarna polosan dapat divariasikan dengan kaca patri atau kaca timah. Bisa juga divariasikan dengan jenis kaca bertekstur dan kaca bermotif lainnya.

Bentuk kaca jendela yang divariasi dapat disesuaikan dengan tema ruangan atau konsep rumah. Dengan variasi tersebut selain rumah terasa teduh dan dapat melihat pemandangan ke luar, namun tak meninggalkan kesan estetika dalam ruangan rumah agar tampak lebih menarik.

”Agar lebih menarik, kaca berwarna jangan dibiarkan polosan. Salah satunya dapat dikreasikan dengan membentuk grid atau bentuk kotak-kotak, namun modelnya harus disesuaikan dengan konsep rumah. Pemberian frame dari kayu maupun alumunium juga dapat dilakukan agar kaca jendela menjadi lebih menarik dilihat,” kata dia.

Untuk kaca jendela interior rumah, pemakaian jenis kaca bermotif dan kaca buram dapat menjadi pilihan. Pada perkembangannya, kini kaca buram seperti glass ice tak hanya digunakan sebagai kaca jendela ventilasi kamar mandi, melainkan sudah jamak digunakan sebagai kaca jendela pada ruangan lainnya, seperti dipasang di ruang keluarga atau kamar tidur. (anh)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS