Pemasangan kaca pada jendela rumah sangat cocok dengan iklim tropis di Indonesia. Agar rumah terasa lebih teduh namun ruangan tetap bermandi cahaya matahari, diperlukan pemilihan jenis kaca jendela yang tepat/pinterest.com Pemasangan kaca pada jendela rumah sangat cocok dengan iklim tropis di Indonesia. Agar rumah terasa lebih teduh namun ruangan tetap bermandi cahaya matahari, diperlukan pemilihan jenis kaca jendela yang tepat/pinterest.com

Kaca Jendela : Antara Fungsi Penerangan dan Estetika

902 Kali

RUMAH190.COM–Pemasangan kaca pada jendela rumah sangat cocok dengan iklim tropis di Indonesia. Agar rumah terasa lebih teduh namun ruangan tetap bermandi cahaya matahari, diperlukan pemilihan jenis kaca jendela yang tepat.

Elemen kaca dalam sebuah konstruksi rumah banyak digunakan pada jendela. Salah satu fungsi penting dari kaca jendela adalah sebagai sumber masuknya cahaya matahari. Lebih dari itu, kaca jendela juga memegang peranan penting dalam tatanan estetika dan bisa juga menyuguhkan inspirasi bagi para penghuni rumah.

Sebagai salah satu sumber masuknya cahaya ke dalam rumah, diperlukan pemilihan jenis kaca yang tepat supaya kondisi rumah tidak panas. Agar terasa lebih teduh, kaca gelap (kaca riben) dapat menjadi pilihan tepat untuk mereduksi panas matahari yang masuk ke dalam rumah.

Pemilik Matahari Glass, Sanyoto Setyo Wibowo melalui Manager Pemasaran, Ida Kurniawati menyebutkan ada beberapa jenis kaca yang cocok dipasang pada jendela rumah. Antara lain kaca gelap, kaca bening (polosan) dan kaca one way. ”Namun pemilihan kaca yang dipasang pada jendela biasanya disesuaikan dengan tema atau konsep rumahnya,” kata Sanyoto saat ditemui Rumah190.com di ruang kerjanya.

Marketing Toko Matahari Glass yang berlokasi di Jl Yos Sudarso 194, Wawan menambahkan untuk kaca eksterior biasanya masyarakat memilih menggunakan kaca gelap. Dia menyebutkan penggunaan kaca gelap pada jendela mampu mereduksi panas matahari yang masuk dalam rumah, sehingga rumah akan terasa lebih teduh namun sekaligus ruangan dalam rumah tetap terang.

Kaca gelap juga memungkinkan penghuni rumah melihat pemandangan di luar dengan leluasa. Untuk menambah estetika agar kaca gelap tak terkesan terlalu sederhana, penambahan ornamen grafir, patri dan bevel dapat menjadi pilihan. Sehingga, selain kaca jendela tersebut dapat mereduksi panas matahari yang masuk dapat sekaligus memunculkan nuansa estetika rumah.

Alternatif lainnya adalah dengan memasang kaca bening yang divariasikan dengan penempelan stiker kaca. ”Sekarang penempelan stiker pada kaca jendela banyak digemari oleh masyarakat. Motif stiker kaca sendiri sangat bervariasi dan dapat disesuaikan dengan konsep ruangan atau rumah secara keseluruhan,” kata Wawan.

Ketebalan stiker kaca tersebut sangat tipis, sekitar setengah milimeter. Penempelan pada kaca jendela sendiri lumayan mudah, seperti memasang kaca film pada mobil. Motif yang dapat dipilih antara lain bentuk bunga, bambu, geometris maupun abstrak.

Sticker kaca ini kebanyakan digunakan pada rumah dengan konsep minimalis. Harga sticker kaca sendiri berkisar antara Rp 100.000-Rp 200.000 per meter persegi. Sedangkan untuk harga kaca gelap sekitar Rp 125.000/m2 dan harga kaca one way sekitar Rp 180.000/m2.

Menyerap panas

Sementara pemakaian kaca grafir maupun kaca patri yang di pasang pada jendela, menurut Wawan, tidak terlalu berpengaruh pada keteduhan rumah. ”Pemakaian kaca jenis tersebut biasanya hanya digunakan untuk menambah estetika ruangan maupun rumah,” ujar dia.

Karyawati Vista Alumunium dan Kaca di Jl Surya 120B, Fatimah mengungkapkan hal serupa. ”Untuk estetika rumah biasanya pemilik rumah memilih kaca grafir dan kaca patri atau kaca timah untuk dipasang pada jendela. Sementara untuk menyerap panas matahari, kaca ray ban menjadi pilihan banyak orang,” ujar Fatimah.

Kaca patri dan grafir menjadi pilihan salah seorang warga Kerten, Restu Yulianto, untuk dipasang pada jendela depan rumahnya. Bapak dua anak tersebut menjatuhkan pilihan pada kaca patri dan grafir dengan pertimbangan estetika.

”Dengan memasang kaca grafir dan patri pada jendela rumah saya juga tidak perlu menambah gorden untuk mereduksi panas matahari masuk ke dalam rumah. Selain itu, nuansa rumah juga tampak terlihat lebih indah,” sebut Restu. (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS