Kamar mandi harus dibersihkan secara rutin (Freepik.com) Kamar mandi harus dibersihkan secara rutin (Freepik.com)

Kamar Mandi Kinclong, Bersih & Sehat dengan Cara Ini

89 Kali

Kamar mandi adalah salah satu bagian di dalam rumah yang sering kita “kunjungi”. Kamar mandi juga menjadi bagian penting di rumah karena selain sebagai tempat membersihkan diri sekaligus untuk membuang kotoran. Oleh karena itu, kamar mandi bisa menjadi sarang bakteri, maupun kuman.
Apabila kamar mandi jarang dibersihkan apalagi yang menyatu dengan kloset, bisa saja bakteri berkembang biak. Ditambah lagi sejumlah kotoran yang bakal mengganggu kenyamanan kamar mandi seperti munculnya kerak dan lumut.
Ada beragam cara untuk membersihkan dinding dan lantai kamar mandi. Ada cara-cara biasa dengan hanya menggunakan sikat agak kasar untuk membersihkan kotoran dan lumut, namun ada juga yang mencoba menggunakan campuran bahan-bahan tertentu.
“Biasanya saya menggunakan campuran sabun cuci piring yang cair dengan sitrun. Dioleskan ke dinding kamar mandi dan lantai kamar mandi, baru digosok menggunakan sisi kasar busa untuk mencuci piring. Setelah itu baru diguyur air hingga bersih,” terang Joko, warga Laweyan, Solo.
Kotoran seperti lumut dan kerak, menurut Joko, bisa hilang dengan “ramuan” tersebut. Namun, jika sudah terlalu lama, kerak akan sulit dibersihkan. Ada juga yang menyarankan menggunakan larutan campuran air dan cuka untuk membersihkan kerak.
Sedangkan untuk lumut, cara membersihkannya bisa menggunakan garam. Campurkan tiga sendok garam ke dalam dua liter air. Setelah itu, rebus hingga larutan mendidih dan garam larut sempurna. Saat masih panas, siramkan larutan tersebut pada bagian kamar mandi yang berlumut. Setelah itu, sikat permukaan sampai bersih, kemudian guyur dengan air bersih. “Harus rajin membersihkan, tidak perlu menunggu lama agar kerak tidak membandel,” ujarnya.
Selain lumut dan kerak, terkadang keran air pada kamar mandi, baik keran untuk bak mandi atau keran shower sering menimbulkan noda karat. Untuk membersihkan karat ini juga beberapa orang masih menggunakan cara alami. Yakni, menggunakan irisan lemon lalu digosokkan ke permukaan benda yang berkarat. Setelah itu, bersihkan dengan sikat berbahan keras dan bilas hingga bersih.
Namun, jika Anda ingin menggunakan cairan khusus untuk membersihkan seluruh bagian kamar mandi, baik lantai, dinding, keran, hingga kloset, bisa ke toko yang menjual perangkat itu, salah satunya Ace Hardware, Solo Paragon Lifestyle Mall.
Duty Manager Ace Hardware Sunarno, didampingi Supervisor Cleaning Aid Ace Hardware, Iwan Haryono, mengatakan untuk membersihkan kerak dan lumut, ada produk cair siap pakai, yaitu Astonish seri Mold & Mildew Stain Blaster seharga Rp57.900 (750 ml). Cara menggunakannya, disemprotkan ke arah noda kemudian digosok menggunakan penggosok medium. Sedangkan untuk dinding gunakan penggosok lembut. Setelah itu guyur dengan air bersih.
Untuk membersihkan keran air dan shower, bisa menggunakan Astonish seri Ultimate Limescale Remover, seharga Rp56.900. Cukup disemprotkan kemudian dilap pake kain mikrofiber. Bisa juga untuk permukaan toilet duduk. Setelah selesai guyur dengan air bersih.
Ada juga pembersih keramik dan porselen berupa serbuk, Power Clean harganya Rp71.900 (900 gram). Cara menggunakannya, media yang akan dibersihkan dibasahi, bubuk Power Clean ditaburkan secara merata baru digosok pake sikat untuk membersihkan kotorannya. Kemudian guyur dengan air bersih.
Sedangkan untuk membersihkan bagian dalam toilet bisa menggunakan Pumice Remiver Toilel Bowl Ring bentuknya batu apung tinggal digosokkan tanpa ada cairan kimia, harganya Rp179.000. “Namun, sebaiknya bersihkan kamar mandi dan kelengkapannya setiap hari, karena jika terlalu lama kotoran mengendap akan semakin susah dibersihkan,” ujar Iwan. (Arif Fajar S.)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS