www.bbonline.com www.bbonline.com

Kamar Mandi Mewah Dengan Bahan Transparan

1285 Kali

RUMAH190.COM Menghadirkan kesan mewah di kamar mandi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan pemasangan dinding atau penyekat transparan. Kesan sensual juga muncul dan akan mengiringinya.
Kamar mandi dengan dinding/penyekat transparan ini populer di luar negeri seperti di negara-negara Eropa dan Australia. Di Indonesia, kamar mandi dengan dinding transparan ini banyak diaplikasikan di kamar-kamar hotel. Sementara di perumahan, masyarakat masih dibilang jarang menerapkan kamar mandi seperti itu.

Selain biayanya tinggi (tiga atau empat kali lipat biaya pembangunan kamar mandi konvensional dengan tembok dan keramik berkualitas), budaya timur atau aspek kesusilaan masih cukup melekat. Kamar mandi adalah salah satu tempat yang sangat private atau pribadi sehingga harus tertutup rapat.

Memang kamar mandi dengan penyekat transparan ini cukup vulgar karena siapapun di dalamnya bisa dilihat baik secara siluet maupun tembus pandang.

Oleh sebab itu, di perumahan kamar mandi ini hanya ditempatkan di kamar tidur pribadi/kamar suami isteri.

Lepas dari anggapan tersebut, kamar mandi ini sudah diaplikasikan oleh sebagian masyarakat ke dalam rumah mereka. Umumnya, mereka ingin menghadirkan kemewahan di dalam kamar mandi. Kontraktor asal Solo, Hari Purnomo mengatakan bahan transparan yang cukup populer digunakan adalah kaca.

Bahan ini memiliki kekuatan yang memadai, awet dan mudah dibersihkan. Namun, kaca ini minimal memiliki ketebalan 12 milimeter.

“Kalau untuk sekat, minimal 12 milimeter supaya kaca kuat dan tak mudah pecah,” kata dia saat ditemui Espos di Laweyan beberapa waktu lalu.

Supaya lentur, jelasnya, dudukan atau sambungan kaca digabungkan dengan menggunakan lem khusus. Tentang model, dia menyatakan pilihan kaca cukup banyak, mulai yang datar, cembung atau berwarna. Namun kaca cembung dan berwarna ini biasanya dipesan dari Jakarta karena di wilayah Soloraya sulit didapatkan.

Adat ketimuran

Sementara itu, jika ingin menyisakan adat ketimuran, dapat ditambahkan sunglass atau stiker sunglass supaya kaca tidak terlalu tembus pandang. “Meski yang ada di dalam kamar adalah suami atau isteri. Namun jika tidak terlalu vulgar, pada kaca bisa ditambahkan sunglass atau stiker sunglass,” imbuh lulusan Teknik Sipil UNS Solo angkatan 1980 ini.

Di sisi lain, perabotan yang ada di kamar biasanya minimalis. Cukup menambahkan shower dan keran dari bahan stainless steel untuk menambah kesan kemewahan. Jika space cukup memungkinkan, bisa ditambah bathtub. Sedangkan untuk menambah keindahan dan kenyamanan, lantai keramik atau cor bisa diganti dengan bebatuan kecil (lonjong). Bebatuan ini sekaligus juga dapat mengurangi risiko terpeleset akibat lantai licin.

Di sisi lain, salah satu keuntungan penggunaan kamar mandi transparan ini adalah mendorong pengguna untuk selalu menjaga kebersihan. Sebab, kotoran pada kaca atau di dalam kamar mandi akan mudah terlihat dari ruangan lain dan dapat mengganggu pemandangan.

Soal pencahayaan, kamar mandi transparan bisa memperolehnya dari kamar tidur. Namun jika dirasa kurang terang, seperti pada malam hari, lampu kamar mandi difungsikan. Salah satu pemilik kamar mandi transparan, Kunto Aribowo, warga Jalan Melati Perumahan Fajar Indah, Solo mengatakan meski kamar mandinya berada di dalam kamar tidur utama, namun dinding rapat tetap diperlukan. “Kami ingin kamar mandi tampak mewah. Tapi sebagai orang Timur, kami juga tidak ingin terlalu vulgar. Jadi kamar mandi dengan dinding kaca merupakan bagian dari kamar mandi dengan dinding tembok.”  ( Akhmad Ludiyanto )

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS