Youtube.com/Kamera CCTV Youtube.com/Kamera CCTV

Kamera CCTV: Aman dengan Telik Sandi Elektronik

369 Kali

Perampokan disertai penyekapan di rumah mewah milik Dodi Triono, Jl. Pulomas Utara, No. 7A, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu, mengejutkan masyarakat. Pelaku perampokan menyekap 11 orang dalam satu kamar mandi sempit. Akibatnya enam orang dari 11 orang yang disekap sekitar 17 jam, akhirnya meninggal dunia karena kehabisan oksigen.

Dalam waktu singkat, polisi berhasil menangkap keempat para pelaku. Untuk mengungkap kasus perampokan ini, polisi meminta keterangan sejumlah saksi dan melakukan olah tempat kejadian perkara. Dari sekian data yang dikumpulkan, polisi juga melihat rekaman kamera CCTV (closed circuit television) yang dipasang pemilik rumah di sejumlah lokasi.

Kamera CCTV yang dipasang di dinding luar rumah dan menghadap pintu gerbang merekam wajah para pelaku. Demikian juga ketika berada di dalam rumah, pelaku terekam jelas. Keberadaan kamera CCTV ternyata menjadi salah satu alat keamanan yang membantu polisi mengungkap suatu aksi kejahatan. Polisi juga mengimbau warga memasang alat yang diibaratkan telik sandi elektronik itu.

Pemasangan kamera CCTV saat ini menjadi sebuah kebutuhan, tidak hanya perkantoran namun perumahan. Apalagi harga kamera CCTV saat ini cukup terjangkau. Bahkan beberapa toko menyediakan harga paket untuk kamera CCTV dan digital video recorder (DVR).

Menurut Dumay Saktiawan, pemilik Mascom Group, Jl. Al Ikhlas No. 3, Mendungan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, harga paket satu kamera CCTV luar ruangan dan tiga kamera CCTV dalam ruangan serta satu DVR Rp1,35 juta.

“Namun itu belum termasuk kabel dan ongkos pemasangan. Kabel menyesuaikan kebutuhan dengan harga Rp2.500-Rp5.000 per meter. Ongkos pemasangan Rp75.000-Rp100.000 per kamera. Anda juga bisa memantau melalui komputer dan telepon pintar,” ujarnya, belum lama ini.

Ada juga harga paket Rp2,8 juta yang ditawarkan SG Computer Jl. Prof. Dr. Soeharso No. 86, Solo. Menurut Adi Riyanto, pegawai pemasaran SG Computer, paket Rp2,8 juta terdiri atas dua kamera CCTV dalam ruangan, DVR, kabel, dan ongkos pemasangan. “Apabila ingin menambah kamera CCTV luar ruangan bisa beli per item harganya Rp650.000,” jelas Adi kepada Espos.

Secara umum, menurut Adi, DVR memiliki channel, mulai dari 4 channel (empat kamera CCTV), 8 channel, dan 16 channel. Biasanya empat kamera CCTV cukup efektif untuk memantau sebuah rumah.

“Sepanjang pemasangannya tepat dan pas di tempat yang bisa memantau lokasi di luar ruang maupun di dalam ruang. Biasanya kami akan survei dan diskusi dengan pemilik rumah,”
ujarnya.

Ada juga toko yang menawarkan paket satu kamera CCTV luar ruangan dan tiga kamera CCTV dalam ruangan dan DVR seharga Rp1.957.500. “Namun harga itu belum termasuk ongkos pemasangan dan kabel,” jelas Dewi, karyawan HPCom Jl. Slamet Riyadi 330D, Solo.

Jika hendak membeli per item kamera CCTV juga bisa. Harganya kamera CCTV dalam ruangan antara Rp200.000-Rp800.000, kamera CCTV luar ruangan Rp300.000-Rp1,5 juta. Ada juga kamera CCTV personal Rp250.000-Rp450.000. Sedangkan DVR Rp1,35 juta-Rp6,85 juta. (Arif Fajar S./JIBI)

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Eksterior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS