Arif Fajar S. Arif Fajar S.

Karpet Mempercantik Ruangan

944 Kali

 

Menghias ruangan rumah tak melulu menggunakan sejumlah aksesori yang ditempelkan dinding atau bermain warna cat, dan mebel di ruangan tersebut. Pemilihan karpet yang tepat baik motif maupun ukuran bisa membikin ruangan makin cantik.

Bahan yang digunakan untuk membuat karpet cukup beragam jenisnya, ada yang dibuat dari bahan sutra, wol(bulu lembu), kulit binatang, nylon serta polypropylene atau serat plastik.
Saat membeli karpet untuk ruangan, jangan sampai tidak pas baik ukuran maupun warna dan motifnya.

Hal itu yang menjadi pertimbangan Ines, guru bahasa Inggris di SD Negeri Singopuran 03, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo saat menempatkan karpet di ruang tamu dan ruang keluarga di rumahnya. Dia mencoba memadupadankan karpet dan elemen yang ada di kedua ruangan tersebut.

“Kebetulan rumahnya minimalis dengan ruang tamu yang tidak terlalu besar karena itu ukuran karpetnya tidak terlalu lebar dan tidak menutupi seluruh lantai. Warnanya merah karena disesuaikan dengan kursi tamu yang ada di ruangan ini, dan kebetulan itu warna favorit saya,” ujar Ines di rumahnya di Jl. Markisah I No.26, Karangasem, Laweyan, Solo.

Karpet yang digunakan di ruang tamu, menurut istri dari Gerry Lanang Dwi Wibowo ini, tidak terlalu tebal dengan pertimbangan karena di ruang tersebut banyak aktivitas, kemungkinan kotor sangat besar.

Demikian juga karpet untuk ruang keluarga, Ines mengaku memilh karpet dengan ukuran lebih lebar sehingga bisa untuk santai dan bermain anak-anaknya. Karpet untuk ruang keluarga juga tidak terlalu tebal, agar mudah perawatannya. “Motif karpetnya juga tidak terlalu ramai dengan warna yang soft,” jelasnya.

 

Motif Karpet

Sementara menurut pengelola toko karpet Alishba di Jl. Dr. Muwardi No. 85 Kota Barat, Solo, Afif N., ada beberapa karpet yang bisa menjadi pilihan konsumen untuk mempercantik ruangan rumah. Karena itu, sebelum membeli karpet sebaiknya mempertimbangkan arsitek atau model rumahnya, kelasik, atau minimalis/modern.

Di toko karpet yang dikelolanya, ada dua jenis karpet berdasarkan motifnya. Pertama, karpet motif klasik yang kental dengan unsur seni serta banyak dibubuhi hiasan-hiasan di bagian pinggirnya, contohnya karpet permadani persia.

Kedua, motif modern/minimalis. Karpet motif modern terlihat sederhana, tetapi tampak elegan. “Ini karena perpaduan antara garis, motif, dan warna yang disesuaikan dengan dekorasi ruangannya sehingga menyatu dengan fungsi dari ruangan itu sendiri, biasa juga untuk ruangan di rumah minimalis,” jelas Afif

Arif Fajar S.

Arif Fajar S.

. (Arif Fajar S.)

 

 

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS