pinterest.com pinterest.com

Kenyamanan Ruang Kerja Pengaruhi Produktivitas

589 Kali

 

Ketika mendesain sebuah ruangan, seorang arsitek akan berpatokan pada siapa yang menggunakan ruangan tersebut dan apa kegiatannya. Jenis kegiatan itu akan menentukan pemilihan perabot ruangan dan kelengkapan lainnya.

Ketua Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Muhammad Muqoffa, mengungkapkan setiap kegiatan memiliki standar tersendiri. Demikian halnya setiap bidang pekerjaan, memiliki standar tersendiri terkait ruang kerja sehingga seseorang merasa nyaman di dalamnya. “Ruang kerja seorang mekanik tentu berbeda dengan ruang kerja seorang sekretaris. Siapa yang akan menggunakan ruangan berpengaruh terhadap desain ruangan,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Demikian halnya soal pemilihan perabot atau furnitur, sangat tergantung pada aspek fungsional pengguna ruangan. Bahkan pemilihan warna cat ruangan juga ditentukan oleh siapa yang berada di ruangan tersebut. Bagi mereka yang bekerja di bagian kreatif misalnya, biasanya lebih suka dengan warna cat yang lebih terang dan berani bermain warna. Sementara ruang kerja kantoran pada umumnya, kebanyakan menggunakan warna-wanra soft.

“Ukuran nyaman bagi setiap orang itu berbeda. Ada yang suka ruangannya dilengkapi sound system, ada yang tidak. Bahkan setiap orang memiliki style ruangan masing-masing,” jelasnya.

Idealnya, kata Muqoffa, perusahaan memperhatikan kebutuhan karyawan sehingga karyawan betah di ruangannya. Berdasarkan hasil penelitian, ada hubungan erat antara ruang kerja dengan produktivitas. Semakin nyaman ruang kerja, produktivitas karyawan semakin meningkat.

Desainer yang juga pemilik Rempah Rumah Karya, Paulus Mintarga mengatakan penataan ruang kerja hendaknya memperhatikan faktor fungsional, kepraktisan dan kemudahan bagi penggunanya. Bahkan penataan sumber listrik juga perlu diperhatikan agar pengguna ruangan dengan mudah memenuhi kebutuhannya terkait pekerjaan.

Soal standar luas ruangan, Paulus menguraikan jika seseorang memiliki ruang tersendiri dan tidak perlu menyimpan banyak berkas, ruang seluas 2 meter x 2 meter sebenarnya sudah memenuhi syarat. Tapi jika orang tersebut harus menyimpan banyak berkas, idealnya memerlukan ruangan minimal 3 meter x 3 meter. “Soal ruang kerja ini tidak bisa disamakan antara satu orang dengan orang lainnya,” jelasnya. (Eni Widiastuti/JIBI)

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Interior

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS