Selain estetika, kerai juag berfungsi sebagai pelindung terhadap terik sinar matahari./Aneka Kerai. Selain estetika, kerai juag berfungsi sebagai pelindung terhadap terik sinar matahari./Aneka Kerai.

Kerai Kayu Jati Lebih Awet

323 Kali

RUMAH190.COM–Selama ini orang hanya mengenal kerai dari bambu dan rotan. Namun jika jeli pada tempat-tempat pembuatan kerai sebenarnya ada kerai dari kayu jati.

Kerai yang tersusun dari lempengan-lempengan kayu jati dengan ketebalan satu sampai satu setengah sentimeter ini harganya memang relatif mahal jika dibandingkan dengan kerai bambu atau kerai rotan. Namun serat-serat kayunya yang rapi membuat kerai dari kayu jati ini bisa tahan puluhan tahun, sehingga banyak juga yang memesan kerai dari kayu jati.

Menurut pengrajin kerai, Agus, yang mangkal di Jalan Muh Yamin, Kawatan, Solo, kerai dari kayu jati harganya paling mahal jika dibandingkan kerai bambu atau kerai rotan. ”Harga kerai kayu jati 1 x 2 meter Rp 100.000, itu pun masih mentah belum di-finishing dengan vernis atau cat. Biasanya kami tinggal menurut finishing seperti yang dikehendaki pemesan, dengan menambah biaya finishing,” kata Agus.

Ditambahkan Agus, kerai dari kayu jati saat ini mulai diminati oleh orang karena bentuk seratnya yang lebih rapi dengan kualitas bahan yang lebih tahan lama. ”Kerai dari kayu jati ini bisa awet puluhan tahun, apalagi jika di-finishing dengan vernis,” ungkapnya.

Selain kualitas bahan, lanjut Agus, tali pengikat juga perlu dipertimbangkan ketika memesan kerai. ”Tali pengikat kerai biasanya dari tambang plastik dan kawat. Agar awet, sebaiknya pilih kerai dengan tali pengikat dari kawat karena lebih tahan lama bisa puluhan tahun. Sedangkan kerai dengan tali pengikat dari plastik paling banter hanya bertahan tiga sampai empat tahun,” jelasnya.

Sementara itu, jenis kerai dari bahan alami yang lain, ada kerai bambu dan kerai rotan. Menurut Agus, sebelum memilih kerai bambu sebaiknya memastikan dulu kalau bambunya berasal dari bambu apus (pring apus) an bambu wulung karena seratnya lebih kuat. ”Lebih bagus kalau memilih kerai bambu dengan bahan dari kulit luar, bukan bambu yang bagian dalamnya saja,” ujar Agus sembari menyebutkan harga kerai bambu per meternya Rp 20.000 sampai Rp 25.000. Selain itu dia juga menerima pemesanan kerai dari rotan dengan harga per meter Rp 35.000. – (ema)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS