Penghawaan alami yang berjalan lancar dan seimbang, membuat rumah menjadi sehat, sejuk dan nyaman untuk ditempati.http://konstruksirumah.com Penghawaan alami yang berjalan lancar dan seimbang, membuat rumah menjadi sehat, sejuk dan nyaman untuk ditempati.http://konstruksirumah.com

Kesejukan Hadir Lewat Penghawaan Alami

283 Kali

RUMAH190.COM–Penghawaan atau sirkulasi udara yang bagus dalam rumah hunian merupakan salah satu syarat rumah sehat. Namun lebih dari itu, sirkulasi udara alami yang lancar akan membuat rumah Anda menjadi sejuk dan nyaman untuk ditinggali. Menciptakan kenyamanan dalam rumah hunian dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menghadirkan penghawaan alami atau sirkulasi udara yang masuk dan keluar rumah berjalan lancar dan seimbang, sehingga membuat rumah menjadi sehat, sejuk dan nyaman untuk ditempati.

Penghawaan dalam rumah yang paling baik sudah tentu dengan menghadirkan penghawaan alami. Selain mendukung gerakan hemat energi, karena tidak perlu menggunakan energi listrik, penghawaan alami yang dihadirkan lewat keberadaan jendela dan lubang angin di dalam rumah lebih menyehatkan. Seperti dilakukan oleh Joko Mudjiono yang berdiam di Kerten, yang memilih penghawaan alami pada rumahnya.

Joko menghadirkan penghawaan alami lewat kehadiran jendela dan pintu rumahnya dengan model krepyak atau kisi-kisi. Jadi meskipun jendela dan pintunya ditutup rapat, udara masih bisa masuk ke dalam rumah lewat kisi-kisi tersebut. Sementara pada lubang angin dengan ukuran sekitar 30X40 sentimeter yang terletak di atas setiap daun jendela dan daun pintu rumahnya divariasikan dengan ornamen kayu menyilang, sehingga dapat digunakan sebagai tempat pergantian udara dalam rumah.

”Kami sengaja membuat jendela dan pintu dengan model kisi-kisi untuk memberikan penghawaan dalam rumah. Pada tebeng atau lubang angin dibuat terbuka, di dalamnya hanya ditambahkan kayu yang dipasang menyilang. Sebenarnya pada ventilasinya harus dilapisi kawat nyamuk agar nyamuk tidak masuk ke rumah, namun ini belum saya lapisi kawat nyamuk,” ujar Joko ketika dijumpai Rumah190.com di kediamannya.

Dengan penghawaan alami ini, dirasa Joko dapat menghadirkan kesejukan dalam rumah. Pada bagian teras rumah juga dibuat tinggi sehingga dapat mengalirkan udara yang lebih banyak ke dalam rumah. Pada jendelanya juga divariasikan dengan kaca agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam rumah kendati jendela tidak dibuka.

Kombinasi

Selain penghawaan alami, ada pula penghawaan buatan lewat kehadiran air conditioner (AC) yang dapat menyejukkan ruangan dalam rumah. Namun dewasa ini, banyak yang memilih kombinasi penghawaan alami dan buatan pada rumah mereka. Seperti dilakukan oleh keluarga Dhoni yang berdiam di Gentan.

Kendati memilih penghawaan kombinasi, penghawaan alami lebih mendominasi rumah Dhoni yang berkonsep mediterania. Penghawaan buatan dengan menghadirkan AC hanya dihadirkan pada kamar tidur utama. Sementara ruangan-ruangan lainnya lebih mengandalkan penghawaan alami lewat jendela dan lubang-lubang angin.

Kisi-kisi pada lubang angin dibuat renggang, sehingga sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Untuk memfilter debu dan menghalau nyamuk masuk ke dalam rumah, pada setiap lubang angin dilapisi dengan kawat nyamuk. Plafon rumah juga dibuat tinggi sehingga rumah terasa lebih sejuk. ”Plafonnya memang sengaja kami bikin tinggi sehingga rumah jadi lebih sejuk meski tanpa memakai AC.”

Agar sirkulasi udara seimbang, pada bagian belakang rumah dibangun open space yang terletak di antara dapur dan ruang santai. ”Jadi udara tak hanya masuk dari bagian depan rumah, tapi juga dari bagian belakang rumah. Dengan adanya open space tersebut selain bisa digunakan untuk pergantian udara juga bisa untuk pencahayaan,” kata dia.  (Aeranie Nur Hafnie)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS