ESTETIKA: Ada beragam desain handle atau gagang pintu yang dapat dipilih sesuai selera. Selain mempertimbangkan fungsinya pemilihannya tak terlepas dari pertimbangan estetika. ESTETIKA: Ada beragam desain handle atau gagang pintu yang dapat dipilih sesuai selera. Selain mempertimbangkan fungsinya pemilihannya tak terlepas dari pertimbangan estetika.

Kian Estetis dengan Gagang Pintu Pilihan

945 Kali

Tampilan sebuah rumah tidak terlepas dari elemen pendukung yang melekat pada bangunan tersebut. Mulai dari desain, bahan bangunan yang digunakan, warna cat, jenis genting, hingga yang tidak kalah penting adalah model jendela, dan pintu rumah tersebut.

Sebagai elemen rumah, pintu tidak hanya berfungsi menghalangi masuknya angin atau udara panas dari luar masuk ke dalam ruangan, namun juga sebagai alat keamanan. Karena dengan adanya pintu, mereka yang ingin berbuat jahat setidaknya terhalangi.

Namun, ada bagian dari pintu yang juga memiliki peran penting. Selain sebagai pengaman, bagian ini juga memiliki peran estetika yakni hendel atau gagang pintu. Letaknya menyatu dengan pintu. Namun, apabila pemilik rumah mampu memilih model gagang pintu yang pas, tampilan sebuah pintu pun menjadi lebih indah dan tentu saja berpengaruh pada tampilan rumah secara keseluruhan.

 

apabila pemilik rumah mampu memilih model gagang pintu yang pas, tampilan sebuah pintu pun menjadi lebih indah dan tentu saja berpengaruh pada tampilan rumah secara keseluruhan.”

 

Gagang pintu berfungsi sebagai alat pengaman, karena menyatu dengan kunci rumah. Hendel juga memiliki fungsi sebagai pegangan pintu sehingga memudahkan penghuni rumah atau tamu membuka dan menutup pintu. Hal itu pula yang membuat Umam, warga Baki, Sukoharjo, menyempatkan diri memilih gagang pintu untuk pintu kupu tarung rumahnya. Bukan pintu baru, namun karena gagang pintu yang lama dirasa repot perawatannya, dia ingin menggantinya dengan yang baru.

0701Handle Dobel1-Arif Fajar S.

“Kebetulan pintu kupu tarung dari kayu jati, hendel pintu yang lama bahannya dari kuningan sehingga harus sering dibersihkan dengan cairan khusus. Kalau tidak dibersihkan, warnanya langsung kusam. Namun ini cukup merepotkan, makanya saya ingin menggantinya dengan bahan yang mudah perawatannya,” terang Umam kepada Rumah190, di Toko Bahan Bangunan Panorama, Jl. Veteran No. 110, Solo, Rabu (3/1).

Menurut Ira Novita, sales promotion girl (SPG) di Toko Bahan Bangunan Panorama, gagang pintu peruntukannya bisa untuk model dua pintu (kupu tarung), pintu tunggal, pintu kamar, dan pintu kamar mandi. “Untuk pintu dengan model kupu tarung, biasanya menggunakan sepasang gagang pintu [pull handle] lengkap dengan kunci pelor. Jenis kunci pelor ada dua, yakni silinder komputer yang memiliki kecanggihan tidak bisa diduplikat, dan kunci pelor biasa,” terang Ira kepada Rumah190, di Toko Panorama, Rabu.

Gagang pintu untuk dua pintu atau kupu tarung, lanjut Ira, biasanya menyesuaikan dengan tinggi dari pintu tersebut. Untuk tinggi pintu sekitar 2,1 meter, gunakan sepasang gagang pintu dengan panjang 40 sentimeter, sedang pintu dengan tinggi 2,5 meter sebaiknya gunakan hendel pintu dengan panjang 50 cm. “Namun untuk pintu kaca kupu tarung, biasanya digunakan pada perkantoran atau toko ukuran hendel pintunya satu meter. Ada juga hendel pintu untuk pintu tunggal yang menggunakan kartu khusus,” terang dia.

Ada juga gagang pintu untuk pintu tunggal (single). Menurut karyawan Toko Bangunan Utama Karya, Jl. Piere Tendean No.200 Nusukan, Solo, Dwi, modelnya ada yang menyatu dengan lubang kunci dan ada yang lubang kuncinya seperti terpisah. Dia mengatakan hendel pintu tunggal, selain sebagai pengaman juga sebagai pegangan untuk membuka dan menutup pintu. Selain untuk pintu utama, biasanya juga digunakan untuk pintu kamar tidur. Sedangkan modelnya tergantung selera pembeli dan ketersediaan dananya. “Hendel pintu kamar mandi biasanya bentuknya bulat, menyatu dengan lubang kunci,” jelas Dwi kepada Rumah190, Rabu. (Arif Fajar S./JIBI)

RELATED POST FOR CATEGORY

News

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS