Kitchenware Eksotik Bermaterial Kayu

421 Kali

 

Perlengkapan dapur bermaterial stainless steel banyak dijumpai di pasar. Namun, belum banyak dijumpai perlengkapan dapur berbahan dasar utama, kayu. Padahal, material sangat lazim ditemukan kayu terhitung melimpah di bumi Indonesia.

Potensi pasar dan kemudahan mendapatkan bahan baku ini dimanfaatkan dua desainer produk, Arya Lisantho dan Annisa Lutfia, untuk membuat produk perlengkapan dapur dengan bendera Aljir Fine Crafts. Aljir Fine Crafts diperkenalkan kepada khalayak sejak Januari 2014. Produk handmade seperti sendok, garpu, mangkok berhasil menembus pasar di luar negeri. Produk perlengkapan dapur yang diusung Aljir Fine Crafts mengusung gaya clean, simpel, dan elegan. Kedua desainer produk alumnus Jurusan Desainer Produk Institut Teknologi Bandung—yang kini lebih banyak menetap di Bali— menonjolkan warna natural dan serat kayu untuk produk kitchenware tersebut.

Annisa menuturkan setiap jenis kayu memiliki karakternya, baik dari warna dan serat kayunya. “Dalam pemilihan material jenis kayu, kami melihat pada warna dan seratnya,” tuturnya kepada JIBI, beberapa waktu lalu.

Produk perlengkapan dapur dari material kayu menawarkan visualisasi yang berkonsep natural. Dengan demikian tidak hanya berfungsi sebagai perlengkapan dapur, tetapi dari sisi estetika tetap menawarkan keindahan saat dipandang mata. Selain itu, kayu adalah material yang aman jika digunakan dalam proses finishing produk, seperti minyak zaitun.

Annisa menyarankan peralatan bermaterial kayu harus dicuci dengan cara manual, dan rajin dijemur secara langsung di bawah terik sinar matahari. Hal ini dilakukan untuk menjaga dari jamur, kualitas warna, dan kekuatan kayunya. (Azizah Nur Alfi/JIBI)

 

RELATED POST FOR CATEGORY

Uncategorized

0 Comments

LEAVE YOUR COMMENTS